tips

Tips Coating Mobil dengan Mudah dan Cepat! Bisa di Lakukan Sendiri di Rumah

tips coating mobil

Mengenal perawatan pada mobil kesayangan, pastinya banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh pemiliknya, serta bagian yang disukai berbeda-beda pula. Ada sebagian orang yang suka merawat pada bagian mesinnya, terkadang pada bagian body kerap dilupakan dan enggan diperhatikan. nah, padahal merawat mobil tidak harus berfokus pada bagian mesin saja, tetapi penting juga untuk memperhatikan perawatan pada bagian body yang mana bisa memperindah tampilan mobil Anda. Pada Kesempatan kali ini mobilunda.com akan sedikit membahas tentang bagaimana tips coating mobil yang aman dan baik dan gampang dilakukan dirumah tanpa harus ke tempat profesional.

Tips Coating Mobil : Merawat Mobil Kesayangan

tips coating mobil

Tentu saja urusan ini nantinya akan berhubungan dengan kenyamanan berkendara. Merawat body/cat mobil bisa Anda lakukan dengan cara mencuci kendaraan secara rutin, paling tidak satu kali dalam seminggu. Tidak perlu membawanya ke salon, Anda bisa mencucinya sendiri di rumah. Sering terdengar mengenai coating mobil! Apa itu coating mobil?

Apa itu Coating mobil ?? merupakan suatu cara khusus dimana memberikan sebuah lapisan coating pada permukaan cat. Dengan adanya tambahan lapisan coating ini, otomatis akan membuat cat Anda selalu kinclong, tampak tidak kusam dan sejuk, serta mempermudah Anda tentunya dalam perawatan eksterior mobil. Dari bahannya sendiri juga masih terbagi menjadi beberapa jenis jika dilihat dari jenis coating dan juga seberapa tebal lapisan coating yang dilapiskan ke permukaan cat. Lalu apa saja manfaat dari coating mobil? Berikut ini penjelasannya.

  1. Water Repellent

Musuh utama dari kendaraan roda empat yang bersih di samping kotoran yakni tetesan air. Tetesan air yang jatuh pada body bila tidak dipedulikan secara terus menerus akan mengakibatkan noda kerak dan jamur pada body mobil yang pastinya akan sulit dibersihkan, kalian pasti pernah melihat bercak bulat pada cat mobil atau motor yang tidak bisa dihilangkan walaupun sudah dicuci dengan sabun? nah itu namanya adalah jamur air atau waterspot. Disini manfaat coating, dimana akan menjadikan cat pada body mobil menjadi lebih terlindungi. Hal ini dikarenakan lapisan coating pada body memiliki manfaat water repellent yang tergolong baik.

  • Daya Tahan Terhadap Goresan
Baca Juga  Tips Merawat Interior Mobil

Pengaplikasian cat protection coating pastinya mampu melindungi body dari berbagai goresan-goresan benda tumpul. Namun untuk permasalahan ini, tergantung dari tebal tipisnya lapisan coating yang diterapkan pada body mobil. Meskipun begitu, bukan berarti mobil Anda tahan goresan atau kebal dari goresan, hal ini hanya saja akan mengurangi terjadinya goresan pada body mobil.

  • Anti UV

Lapisan coating akan melindungi permukaan body mobil dari sinar Ultra Violet yang mana mempunyai pengaruh buruk pada cat mobil Anda. Paparan sinar UV akan membuat lapisan cat menjadi memudar yang mana akan berpengaruh pada tampilan mobil menjadi kusam.

  • Kilap Mobil Menjadi Tahan Lama

Salah satu manfaat dari pemberian lapisan coating dapat membuat mobil tampil selalu mengkilap dan membuat cat mobil bertahan lama. Lapisan coating mempunyai efek yang sama dengan WAX, hanya saja akan lebih bertahan sampai 3 tahun lamanya. Bedanya bahkan jenis lapisan coating memberikan garansi tampilan kilap selamanya, seperti coating ceramic. Hal ini menjadi salah satu cara paling ampuh mengkilapkan cat mobil warna hitam.

Proses Coating Mobil

tips perawatan cat mobil

Nah, apakah proses coating mobil tersebut dapat lakukan di rumah? Tentu saja bisa, tetapi akan lebih baik hasilnya jika Anda menyerahkan pada ahlinya ataupun salon mobil. Hal ini dikarenakan perlu proses detailing pada permukaan mobil yang mana bisa mengangkat kotoran dan residu yang menempel pada cat body.

Untuk proses coating sendiri ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan hal tersebut tergantung dari produk coating yang digunakan. Untuk itu,  lakukan konsultasi dengan ahlinya hingga nantinya proses coating yang Anda lakukan dapat berlangsung dengan baik.

  • Sebelum Anda melakukan proses coating, lebih baik jika Anda mencuci mobil yang akan di coating terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan body mobil. Cuci mobil hingga permukaan mobil benar benar bersih sempurna.
  • Kemudian dilanjutkan dengan proses detailing, dimana proes ini bermanfaat untuk mengangkat residu dan oksidasi yang tentunya masih menempel pada cat mobil. Oleh karena itu, lebih dianjurkan melakukan proses coating di salon mobihingga proses detailing dapat dilakukan lebih maksimal.
  • Tips coating mobil selanjutnya, Anda dapat melakukan polish mobil yang mana tujuannya bisa menghilangkan baret-baret halus pada permukaan body mobil. Sehingga nantinya cat menjadi lebih maksimal. Sebagai aran, akan lebih maksimal hasilnya jika Anda menggunakan mesin poles. Dimana mesin tersebut memiliki kecepatan dan tekanan putarannya lebih konstan dan sempurna.
  • Setelah itu dilanjutkan dengan proses waxing yang mana sebenarnya hanya sebagai opsi saja, dapat Anda lakukan atau tidak karena nantinya mobil akan dilapisi dengan coating.
  • Selanjutnya lakukan cara coating mobil sendiri, tetapi akan lebih baik untuk tidak mengerjakannya sendirian atau bisa membawanya ke salon mobil.
  • Proses coating ini mempunyai sifat permanen tidak seperti proses wax.
  • Proses coating ini dilakukan di dalam ruangan yang tertutup sehingga terlindung dari debu dan kotoran yang menempel. Suhu ruangan pun ditata sekitar 25 derajat celcius dengan penerangan yang merata.
Baca Juga  Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas di Showroom
tips merawat mobil kesayangan

Nah, setelah proses pelapisan coating berlalu, maka beberapa salon mobil seringkali akan melakukan maintenance, tetapi hal ini juga tergantung dari produk coating yang digunakan.

Mengenai pengaplikasian coating bisa berapa kali lapisan? Mengenai pelapisan coating sendiri dilakukan dalam beberapa lapis, ada jasa coating yang hanya melakukan 1 lapis saja, bahkan ada yang memakai 2 lapis bahkan lebih. Pastinya juga tergantung dana yang disiapkan. Jika hanya 1 lapis saja dirasa kurang maksimal. Lapisan pertama seringkali layer, bahkan Anda bisa menghilangkannya dengan mengeroknya saja.

Untuk lapisan kedua memakai lapisan yang bahannya lebih soft dan bisa mengalami kelunturan sewaktu-waktu. Sehingga penting untuk melakukan maintenance dan memeriksa lapisan kedua ini apakah sudah mengalami kelunturan atau tidak. Setidaknya lakukan maintenance setahun sekali. Akan lebih baik bila anda melakukan coating saat kondisi mobil masih baru. Sehingga tampilan mobil Anda tetap tampak baru meskipun sudah dipakai dalam jangka lama sekalipun.

Nah, demikian tadi cara dan tips coating mobil yang dapat Anda lakukan. Namun akan lebih baik jika Anda membawanya ke salon mobil yang mana dilengkapi alat-alat dapat memberikan hasil coating lebih maksimal. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin ekstra merawat mobil kesayangan.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan