Car Reviewshonda

Satu Tahun Bersama Honda Accord CM5 M/T Generasi Tujuh

Accord CM5 VTIL

Halo sobat mobilunda.com, pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi tentang pengalaman suka duka bersama Honda Accord gen 7 cm5 2.4 VTIL Tahun 2006 kesayangan saya. Accord cm5 ini saya dapatkan tahun lalu di Jakarta dengan harga mobil yang cukup diatas pasaran karena memang kondisi mobil ini yang terbaik diantara cm5 lain yang ada di salah satu marketplace di Indonesia.

Honda Accord CM5 2.4 VTIL Gen-7

Accord cm5 VTIL

Sebelum lanjut ke pokok pembahasan mobilunda.com ingin sedikit bercerita bagaimana saya membeli mobil mewah pada zamannya yang satu ini. Sebelum nya mobilunda.com pernah mempunyai si Besar yang satu ini namun dengan tahun yang jauh lebih tua yaitu Accord VTIL Gen-7 Tahun 2003 dengan transmisi AT atau matic. Namun akhirnya saya memutuskan untuk dijual karena pemakaian bahan bakar yang terlalu boros menurut saya, mungkin dikarenakan dalaman kap mesin sudah tidak standar lagi.

Setelah saya menjual accord cm5 2003 saya mencoba untuk meminang Civic FD tahun 2006 dan 2008, namun hati ingin sekali kembali merasakan nyamannya mengemudi sedan premium sekelas accord.

Accord Generasi 7 cm5 VS Accord Generasi 8 Cp2

Accord CM5 VTIL

Sebelum kembali pada accord cm5 generasi 7 ini mobilunda.com juga pernah mempunyai Adiknya yaitu Accord cp2 yang menurut saya kurang enak karena suspensinya yang lebih keras, begitu juga dengan pajak pertahunnya yang cukup menguras kantong. Namun tentunya body dan kabin accord cp2 terasa lebih besar dan luas.

Tidak Mudah Mencari Accord cm5

Mencari sebuah Sedan Premium ternyata tidak semudah mencari LCGC atau Low MPV yang biasa disebut dengan mobil sejuta umat, apalagi dikota tempat saya tinggal mobil ini memang sangat langka, bahkan hampir tidak ada yang menjualnya. Memang di OLX banyak yang menjual dengan harga bervariasi dari harga 80 juta hingga 150 juta di tahun 2017 di daerah kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Sekitar 2 bulan saya berburu dan mencari sedan besar yang satu ini dari social media hingga marketplace yang ada di Indonesia, akhirnya saya menemukan Accord cm5 Tahun 2006 dengan transmisi manual di Jakarta. Yang ada di benak saya saat itu adalah apakah worth sebuah sedan premium bertransmisi manual? Saya coba browsing – browsing di dunia maya tentang accord vtil m/t yang memang jarang ada di Indonesia karena kebanyakan hanya versi VTI biasa saja.

Baca Juga  Review Harga Mobil Swift Bekas dan Baru

Setelah saya browsing sana sini saya masih tidak menemukan hasil yang memuaskan, namun karena hati saya sudah merasa nyaman melihat mobil bekas kepunyaan salah satu direktur perusahaan yang bertempat di Jakarta tersebut maka saya memantapkan hati untuk meminang Accord cm5 2.4 Vtil bertransmisi manual tersebut.

Proses Pengecekan Mobil Luar Daerah

Setelah mantab ingin meminag mobil tersebut saya mendapatkan masalah baru yaitu saya tidak bisa pergi kesana untuk mencek langsung mobil tersebut, dan tidak mempunyai saudara yang berdomisili di Jakarta untuk dimintai tolong, akhirnya saya mencari jasa inspeksi yang ada di Kaskus dan akhirnya bertemu dengan Mas Yogi Kalau tidak salah namanya yang merupakan salah satu member kaskus yang bekerja sebagai jasa pengecekan mobil pada saat itu.

Setelah meberikan jadwal janjian antara mas yogi dan penjual akhirnya mereka bisa ketemu dan pengecekan mobil pun dimulai, tidak lama kemudian mas yogi mengirimkan hasil pengecekan dengan sangat lengkap berupa file excel dan dokumen lain seperti foto-foto kondisi mobil. Singkat cerita saya deal dengan pembeli di harga 129 juta exclude ongkos kirim ke banjarmasin yaitu 3 juta rupiah.

Pengalaman Menggunakan Accord CM5 VTIL 2400cc Tahun 2006 Manual

Setelah satu tahun pemakaian hingga hari ini saya mempunyai suka dan duka bersama si besar dan bongsor Honda Accord cm5. Honda CM5 adalah sebuah sedan premium yang di suguhi berbagai fitur2 menarik dan lengkap pada tipe tertinggi. Saya tidak akan membahas tentang fitur dan spesifikasi mesin, sobat bisa membaca nya pada artikel sebelumnya “Spesifikasi Honda Accord Cm5

Dengan mesin berkapasitas 2400cc dengan transmisi manual ternyata tidak terlalu nyaman untuk dipakai dalam kota, kenapa begitu? dengan bobot mobil yang cukup berat dan ukuran mesin yang besar tentunya mesin yang hanya 2400cc cukup kewalahan dalam putaran bawah, sehingga akselarasi awal cukup terasa berat, namun masih batasan normal yang tidak mungkin disamakan dengan LCGC yang memang jauh lebih enteng bobotnya.

Walaupun mempunyai bobot yang sangat berat namun steering masih terbilang cukup enteng dan nyaman untuk dipakai sehari-hari terutama untuk membawa si kecil. Kabin yang sangat luas membuat si kecil senang dan betah berada ditambah lagi dengan pendingin kabin yang memang tidak sama dengan mobil lainnya yang membuat hembusan AC merata pada seluruh kabin.

Baca Juga  Harga Mobil Xenia 2004 Bekas Beserta Kelebihan dan Kekurangan
interior Accord cm5 VTIL 2006

Peredaman yang sangat bagus membuat audio standar mobil ini menjadi lebih baik apalagi jika menggunakan audio custom. Selain itu fitur audio switch pada steer memudahkan pengemudi untuk merubah lagu dan mengatur volume.

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakar accord cm5 VTIL ini? untuk mesin yang berkapasitas 2400cc saya rasa cukup irit karena menggunakan transmisi manual, kira-kira konsumsi bahan bakarnya dengan menggunakan pertamax bisa mencapai 1:8-10 pada dalam kota dan 1:12 untuk luar kota, namun hal tersebut tergantung pada karakter berkendara masing-masing.

Dari segi kaki-kaki tentunya mobil premium sekelas accord sudah tidak diragukan lagi, sudah lebih dari 10 tahun mobil yang mobilunda.com gunakan ini masih baik-baik saja dan tidak ada bunyi sama sekali.

Dari Segi Eksterior memang Honda Accord CM5 ini terlihat bongsor, jadi bagi kalian para modifikator atau sekedar menyukai modifikasi, tema yang paling cocok adalah elegan, bisa juga sih sporty jadi balik lagi ke selera masing-masing ya guys. Untuk accord cm5 kepunyaan mobilunda ini memang sengaja dibikin elegan dengan menggunakan bodykit modulo, velg Estatus ring 18 dan Coilover.

Untuk pajak pertahunnya sudah bisa dipastikan tidak murah untuk sekelas mobil tua, di Banjarmasin – Kalimantan Selatan pajak pertahun yang harus dibayar oleh pemilik Accord cm5 VTIL tahun 2006 adalah Rp. 4.095.000.

Walaupun umur si bongsor ini sudah mulai tua, namun desain yang diberikan Honda pada mobil ini terbilang cukup oke karena masih terlihat ganteng hingga saat ini.

Interior Accord CM5 VTIL

Berbeda dengan Tipe biasa yaitu VTI, Tipe VTIL lebih banyak perbedaan pada bagian interior, yaitu : Wood panel pada beberapa bagian, Steering switch dan cruise control yang melekat sempurna pada kemudi, electric seat kanan kiri pada bagian driver dan penumpang depan, airbag 4 sisi, dan banyak lagi yang lainnya yang tidak dimiliki varian cm5 VTI.

Accord cm5 VTIL 2006 dijual

Untuk kelebihan dan kekurangan accord cm5 sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya ya guys, jadi silahkan cari sendiri link nya di blog ini. Demikian dulu pengalaman singkat yang bisa mobilunda tuangkan pada tulisan ini, bagi yang mau bertanya silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar ya guys atau bisa juga via email. By The Way mobil ini mo dijual ya.. hehhe

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan