Asuransi Mobil

Unsur – Unsur Yang Terdapat Di Dalam Asuransi Mobil

Asuransi Mobil
380Views

Pengertian dari asuransi (asuransi mobil) pada umumnya adalah suatu tindakan finansial yang dilakukan untuk melindungi aset, properti, serta jiwa dari suatu kejadian yang tidak terduga. Sedangkan untuk pengertian secara hukum asuransi merupakan perjanjian yang terjadi diantara 2 pihak atau lebih, yang mana salah satu pihak bertindak sebagai pihak penanggung yang memutuskan untuk terikat kepada pihak tertanggung dengan cara pihak tetanggung membayar jasa yang berupa premi asuransi sebagai gantinya.

Itulah gambaran umum tentang pengertian dari asuransi. Untuk jenis dari asuransi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah asuransi kendaraan, baik itu motor, bis, truk dan mobil. Perlindungan asuransi kendaraan juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Asuransi kendaraan yang paling banyak digunakan adalah asuransi mobil.

Sebab dengan banyaknya mobil yang bermunculan di jalan raya membuat tingkat kemacetan bertambah. Serta mobil yang sudah menjadi alat transportasi utama untuk menuju ke suatu tempat dengan tujuan tertentu. Untuk itu keinginan melindingi mobil menjadi besar, supaya mobil tetap awet dan umur penggunaannya diharapkan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama.

4 Unsur Asuransi Mobil

asuransi mobil

Sebelum melakukan suatu perjanjian asuransi mobil, ada beberapa unsur yang harus diketahui dan sebagai pengetahuan dasar tentang car insurance. Unsur – unsur tersebut adalah sebagai berikut ini :

  1. Pihak Tertanggung
    Pihak tertanggung merupakan pihak yang akan mendapatkan suatu perlindungan. Dalam kata lain pihak tertangung adalah pihak pemilik mobil. Perlindungan untuk pihak tertanggung didapat dengan beberpa syarat. Salah satunya dengan membayar premi yang besarnya telah ditentukan sebelumnya di dalam polis asuransi mobil. Pembayaran premi oleh pihak tertanggung adalah suatu kewajiban. Sehingga proses klailm yang akan dilakukan tidak terdapat kesulitan sama skali.Dengan pembayaran yang dilakukan oleh pihak tertanggung, pihak dari perusahaan asuransi mobilyangakan menanggung segala bentuk kerusakan dalam mobil pihak tertanggung. Sehingga tidak ada salah satu pihak yang merasa telah dirugikan. Namun jika dalam waktu jangka waktu tertentu yaitu masa berakhirnya car insurance, pihak tertanggung berhak mendaptkan kembali semua premi yang selama ini secara rutin di bayarkan oleh pihak tertanggung.
  2. Pihak Penanggung
    Yang dimaksd dengan pihak penanggung adalah perusahaan asuransi mobil. Pihak penanggung mempunyai kewajiban yang cukup besar bagi pihak tertanggung. Kawajiban utaman pihak penanggung adalah membayar atau memberi jaminan dana kepada pihak tertanggung atas resiko maupun musibah yang dialami oleh pihaktertanggung. Serta menyediakan pelayanan yang berguna saat sewaktu Рwaktu pihak tertanggung memutuhkannya. Baca juga : cara memilih asuransi mobil yang terbaikPihak penanggung juga memilki suatu hak yang harus dibayarkan agar kerja sama dalam perjanjian dapat berjalan dengan baik yaitu menerima premi dari pihak tertanggung sesuai dengan apa yanng sudah ditentukan di polis asuransi mobil. Pihak penanggung juga dapat mengluarkan sangsi apabila pihak tertanggung tidak melakukan kewajibannya. Bagitu juga dengan sebaliknya, pihak tertanggung juga dapat memberikan sangsi jika pihak tertangggung sama sekali tidak mendapat fasilitas yang sesuai.
  3. Objek
    Yang menjadi objek di asuransi mobil ini adalah mobil itu sendiri. Objek yang akan mendapatkan perlindingan sepenuhnya oleh pihak tertanggung. Objek ini merupakan bukti saat terjadinya suatu kecelakan ataupun musibah yang melibatkan ataupun tidak melibatkan pihak tertangung. Sehingga meskipun mobil dari pihak tertanggung mengalami suatu kecelakaan, akan pihak penanggung berkewajiban untuk membayar biaya perbaikan meskipun dalam kecelakaan tersebut tidak memperlibatkan pihak tertangung sama sekali.
  4. Perustiwa atau kejadian
    Unsur yang terakhir adalah peristiwa atau kejadian. Peristiwa di dalam unsur asuransi mobil ini adalah peristiwa dimana pihak tertanggung dan pihak penanggung telah melakukan suatu perjanjan yang mengikat satu sama lain dalam sebuah kerja sama kerja yang harus saling menguntungkan satu sama lain.Peristiwa tersebut terjadi dengan suatu bukti yang berupa polis asuransi mobil. Di dalam polis tersebut berisi tentang hak dan kewajiban masing – masing pihak. Serta didalam polis terdapat sangsi – sangsi yang mempunyaikekuatan hukum yang kuat bagi pihak yang melanggarnya.
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil yang Wajib Kamu Tahu

4 unsur dari asuransi mobil tersebut adalah informasi yang sangat mendasar tentang ilmu asuransi. Dengan adanya informasi tersebut diatas dapat menambah pengetahuan tentang asuransi yang mungkin dapat berguna bagi kalian yang memang sayang dan sangat merawat mobil kesayangan. Mulai dari pihak – pihak yang terlibat ke dalam suatu perjanan asuransi mobil.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan