berita

Toyota Kembangkan Teknologi Artificial Intelegence

160Views
Salah satu produsen produk otomotif ternama negeri Sakura, yaitu Toyota kembangkan Concept-I Mobil. Konsep teknologi ini akan diperkenalkan Toyota dalam acara Tokyo Motor Show (TMS) yang berlangsung 25 Oktober-25 November 2017. Konsep teknologi serupa pernah dipublikasikan dalam acara Consumer Electronic Show yang berlangsung Januari lalu di Las Vegas, Amerika Serikat.
 
Munculnya konsep ini didasari atas sebuah ide yang imajinatif untuk menciptakan sebuah mobil yang futuristik. Upaya ini dilakukan oleh Toyota dengan menginvestasikan dana sebesar  USD 1 juta atau sekitar 14 miliar rupiah untuk mengembangkan produk.
 
Selain itu, Toyota juga telah menggandeng Company Innovation Hub sebagai mitra untuk bekerjasama dalam mengembangkan produk. Fitur yang sangat menonjol dari mobil ini adalah artificial intelegence. Kehadiran kecerdasan buatan ini memungkinkan mobil untuk mengetahui kebutuhan pengemudi berdasarkan suasana hati dan emosi.
 
Adanya kecerdasan buatan, yaitu artificial intelegence membuat mobil ini nampak lebih manusiawi di masa depan. Sistem artificial intelegence akan berfungsi sebagai sebuah nyawa dari sebuah mobil yang dapat berkomunikasi dengan pengemudi. Komunikasi yang dilakukan memang sebatas pada mempelajari emosi dan suasana hati pengemudi.
 
Namun, kedua kemampuan tersebut sudah nampak begitu futuristik serta imajinatif. Komunikasi dapat berupa pemberian opsi kepada pengemudi untuk menyetir secara manual atau full otonom. Bahkan teknologi ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan banyak hal dengan aman dan nyaman. Mobil ini juga tampil bak asisten yang mampu memberi opsi tempat yang layak dikunjungi pengemudi berdasarkan kondisi emosi.
Sistem artificial intelegence ini pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yaitu Toyota cocept-i ride dan Toyota cocept-i walk. Pertama, Toyota concept-i ride adalah sebuah konsep mobil masa depan, dimana dapat memberikan keleluasaan kepada siapapun untuk mengemudi. Mobil yang dilengkapi dengan teknologi ini memungkinkan orang-orang disabilitas untuk berkendara.
Artificial Intelegence
Artificial Intelegence Toyota
 
 
Desain dari dimensi concept-i ride relatif kecil karena hanya memiliki panjang 2.500 mm, lebar 1.300 mm dan tinggi 1.500 mm. Sesuatu terobosan dari konsep ini adalah fungsi kendali yang diambil alih menggunakan joystick. Hal ini tentu berbeda dengan mobil-mobil konvensional yang menggunakan setir, pedal, gas dan rem.
Kedua, Toyota concept-i walk merupakan kendaraan yang mirip dengan segway namun berdimensi lebih kompak serta mudah untuk dikendarai. Aspek luar biasa dari hadirnya konsep ini adalah mendukung kemungkinan bagi mobil untuk berjalan di area pejalan kaki. Konsep ini juga menjamin keamanan dan kenyamanan pengemudi dengan memberikan sinyal tanda bahaya.
 
Sebuah film fiksi Knight Rider dengan tokoh Kit yang ditemani agen artificial intelegence bernama Yui sebentar lagi akan menjadi nyata. Konsep artificial intelegence hidupkan produk Toyota dan argumen tersebut terasa tepat. Mobil ini akan berkomunikasi melalui lampu, suara bahkan menyentuh penumpang. Kondisi ini membuat mobil ciptaan Toyota ini nampak begitu hidup.
 
Bahkan untuk brand ternama lainnya seperti honda atau brand eropa sendiri akan membuat hal yang sama seperti Toyota dengan Artificial Intelegence nya. Bagaimana sobat mobilunda apakah kalian tertarik? tentu saja kan, jadi kita tunggu saja kejutan-kejutan yang diberikan oleh Toyota.

Baca Juga  Pertamina Dex vs Shell Diesel Mana Yang Lebih Baik
Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan