tips over kredit mobil
Kredit Mobiltips

Tips Over Kredit Mobil Yang Aman dan Murah

1.65KViews

Tips Over Kredit Mobil – Sudah tidak bisa ditutup tutupi bahwa kebutuhan transportasi kendaraan roda empat pribadi di Indonesia meningkat tajam, walaupun seluruh harga barang sandang, pangan dan papan naik namun tetap saja keinginan untuk membeli mobil selalu meningkat. Hal tersebut didukung dengan harga mobil yang murah dan varian yang beragam dan didukung dengan proses pembelian secara kredit yang mudah dan angsuran ringan. Karena semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk memiliki mobil tentu menyebabkan efek samping yaitu jalanan akan semakin macet dan penuh dengan kendaraan pribadi. Dalam tulisan kali ini mobilunda akan merangkum secara singkat tentang apa itu overkredit, siapa saja yang boleh melakukan overkredit dan bagaimana cara over kredit yang aman.

Tips Over Kredit Mobil

tips over kredit mobil

Dalam kesempatan ini mobilunda.com akan membagi sedikit tips tentang bagaimana cara over kredit mobil secara aman dan mudah tentunya. Banyak hal yang harus diperhatikan dan diperhitungkan untuk membeli sebuah kendaraan roda empat dengan cara over kredit.

Apa sih over kredit itu?

Mungkin beberapa orang masih bingung tentang apa itu overkredit dan bagaimana sistemnya? seperti tulisannya, OVERKREDIT berarti memberikan hak kewajiban pembayaran angsuran mobil ke pembeli atau pemilik yang baru. Lebih sederhananya overkredit melanjutkan pembayaran angsuran kepada pihak leasing atau bank dimana sudah terjadi kesepakatan antara pemilik lama dengan pemilik baru tentang berapa yang harus dibayar untuk pelunasan unit yang di overkredit kan.

Baca Juga  Tips Merawat Interior Mobil

Membeli mobil dengan cara overkredit tentunya harus ada pemikiran matang bagi si pembeli, agar tetap mendapatkan unit yang terbaik namun dengan angsuran yang ringan serta DP rendah. Diluar sana banyak sekali yang menjual mobilnya dengan cara overkredit, biasanya mereka beralasan tidak sanggup lagi untuk melanjutkan angsuran mobilnya. Ya memang itu adalah alasan yang logis.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Secara Overkredit

Begini ya sob, saya sudah sering mengatakan bahwa yang namanya kredit atau apalah namanya itu pasti akan membuat harga mobil tersebut menjadi lebih mahal, kenapa demikian? karena dalam sebuah akad jual beli mobil secara kredit ataupun overkredit pasti melibatkan pihak leasing atau bank yang juga mendapatkan keuntungan dari penjualan penjualan mereka yang akan di bebankan terhadap pembeli.

Oke kita buat simpel, misalkan sobat ingin membeli sebuah mobil yang dihargai 100 juta rupiah dengan harga cash, tentunya sebagai pembeli kita hanya akan membayar dengan harga tersebut, namun biasanya jika kita membeli secara kredit harga mobil yang ditawarkan bisa jadi lebih murah, namun jangan senang dulu sob, coba kalian hitung DP yang dibayarkan dengan jumlah angsuran kalian perbulan hingga lunas, dapat dipastikan harga yang dibayar bisa mencapai 2x lipat dari harga cash bukan?hal itu dikarenakan kita harus membayar bunga kepada jasa penyedia kredit atau leasing mobil, begitu juga untuk overkredit. Biasanya kita diminta untuk mengganti DP kepada si pemilik mobil dengan catatan kalian harus meneruskan angsuran bulanan mobil tersebut kepada pihak leasing.

Lalu keuntungan apa sih yang didapat jika kita membeli sebuah mobil dengan cara overkredit? Bagi yang tidak mempunyai cukup uang untuk membeli mobil dengan cara cash yang harganya ratusan juta tentu akan sangat membantu, hal ini dikarenakan si pembeli cukup mengganti DP saja dan melanjutkan angsurannya tiap bulan. yang kedua adalah proses overkredit jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan proses kredit secara langsung pada pihak penyedia jasa kredit atau leasing mobil. dan keuntungan yang ketiga dalam membeli sebuah kendaraan dengan cara overkredit adalah harga yang ditawarkan masih bisa di nego atau ditawar.

Baca Juga  Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas di Showroom

Bagaimana Cara dan Tips Over Kredit Mobil

Ada beberapa faktor penting dalam proses overkredit mobil yaitu:

  • Kondisi Mobil
  • Kredibilitas Jasa Overkredit
  • Kelengkapan surat menyurat
  • Harga yang ditawarkan beserta jumlah angsuran yang harus dibayar tiap bulan oleh pemilik baru
  • Kesiapan materi untuk membayar tagihan tiap bulan

Dari list diatas kita sudah bisa menyimpulkan baahwa membeli mobil secara overkredit tidak berbeda jauh seperti halnya kita membeli mobil second atau bekas secara cash. Namun sobat juga harus memastikan apakah keuangan kalian mampu untuk melanjutkan angsuran yang diberikan oleh pihak pemilik mobil. Jangan sampai angsuran kalian macet ditengah jalan, tentu kalian harus mengeluarkan uang berlebih lagi untuk membayar dendanya.

Tidak ada salahnya sih membeli mobil secara overkredit, namun mobilunda.com lebih menyarankan untuk membeli sebuah mobil bekas murah namun dengan cara cash yang tentunya jauh lebih murah dan tidak ada beban tiap bulan yang menghantui fikiran kalian. Apalagi sekarang harga mobil bekas sudah semakin murah dan banyak tipe serta jenis mobilnya yang membuat kalian bisa dengan leluasa memilih mobil sesuai dengan budget atau kemampuan keuangan sobat. Demikian artikel kali ini tentang tips over kredit mobil yang aman dan mudah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan