tips

Tips Merawat Mobil Matic Kesayangan Yang Benar

1.47KViews

Tips Merawat Mobil matic – Assalamualaikum sobat mobilunda pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trick cara merawat mobil khususnya yang bertransmisi automatic atau matic karena banyak yang bilang perawatannya lebih mahal dan lebih ribet daripada mobil bertransmisi manual. Menurut saya anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena semua mobil baik automatic atau manual yang dirawat secara rutin pasti akan berdampak baik kepada pemiliknya dan tentunya tidak akan merepotkan kita.

Tips merawat mobil matic

Mobil yang bertransmisi automatic atau matic memang lebih rentan terjadi masalah apabila kita kurang peduli dengan keadaan mobil terutama dalam perawatan mesin matic itu sendiri. Nah sobat, bagi kalian yang ingin membeli mobil matic harus mengetahui bagaimana cara memilih dan tips merawat mobil matic itu sendiri. Mobil bertransmisi matic sudah ada dari mobil tahun 80an hingga sekarang, tentunya teknologi mobil tersebut juga mengalami evolusi atau penyempurnaan dari segi kualitas dan kenyamanan dalam memakai mobil tersebut.

tips merawat mobil matic
Mobil Matic

Perawatan rutin mobil matic

Yang harus di perhatikan dalam perawatan mobil matic adalah pergantian oli transmisi, ini merupakan hal vital yang tidak boleh dianggap sepele, kendaraan matic mempunyai dua macam oli yaitu oli mesin dan oli transmisi. Pergantian oli mesin dapat dilakukan di bengkel resmi ataupun non resmi dan kita pun dapat dengan bebas untuk menentukan oli mesin apa yang terbaik untuk kendaraan yang kita pakai. Namun untuk oli transmisi tidak boleh sembarangan, karena jika menggunakan oli yang bukan merupakan standar pabrik akan menyebabkan kerusakan gearbox yang pastinya sangat menguras kantong sobat sekalian. Harga untuk satu buah gearbox eks singapore saja bisa mencapai 10 jutaan, jadi jangan heran jika bengkel resmi mematok hingga puluhan juta untuk pergantian gearbox matic.

Baca Juga  Tips Perawatan Mobil Pribadi Yang Benar

Pergantian oli matic biasanya dilakukkan maksimal 10.000 kilometer, namun agar transmisi kendaraan selalu prima disarankan pergantian oli transmisi 5000-6000 kilometer saja. Untuk pergantian oli matic biasanya dilakukan di dealer atau bengkel resmi agar mendapatkan jaminan kualitas oli yang pasti.

Selain oli transmisi, yang perlu di lakukan untuk perawatan mobil matic agar kondisi mesin selalu baik dan bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah cara berkendaran kita sendiri, mobil matic tidak boleh digunakan untuk hal yang bersifat ekstrem misalnya untuk balapan, atau drifting menggunakan mobil matic, hal ini cepat atau lambat akan merusak komponen komponen mesin dari mobil tersebut.

Saya selalu merekomendasikan untuk selalu service berkala pada bengkel resmi, harga service memang relatif lebih mahal daripada kita service atau tuneup pada bengkel non resmi yang mematok biaya lebih murah, namun kita tidak tahu apakah bengkel tersebut punya teknisi mobil matic atau tidak, kecuali sobat memang sudah sangat percaya dengan bengkel non resmi langganan kalian.

Bagaimana sobat, cukup mudah bukan tips merawat mobil matic ala mobilunda? tidak perlu takut untuk membeli mobil matic, karena pada zaman sekarang kendaraan bertransmisi automatic akan sangat memudahkan kalian untuk bepergian khususnya didalam kota yang semakin macet seperti kota besar.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan