tips

Cara dan Tips Merawat Mobil Bekas

1.77KViews

Tips perawatan mobil – Assalamualaikum sobat mobilunda, Mobil bekas merupakan opsi terbaik bagi yang tidak sanggup atau lebih mengutamakan efisiensi daripada harus membeli unit terbaru yang harga jual kembalinya pasti akan terjun bebas, jaman canggih seperti sekarang tidak sulit untuk mendapatkan unit bekas yang berkualitas tinggi, tinggal bagaimana cara kita untuk merawat mobil bekas tersebut agar dapat digunakan dalam jangka panjang dan memberikan nilai value yang lebih banyak. Artikel kali ini mobilunda akan memberikan sedikit tips mudah merawat mobil bekas.

Tips Merawat Mobil Bekas
Koenigsegg

Cara atau tips merawat mobil bekas sebenarnya tidak juga dibilang sulit jika kita mempunyai sedikit pengetahuan tentang mobil, kita juga bisa membaca manual book yang diberikan oleh produsen mobil tersebut jika terjadi troubleshoot atau masalah mendadak tentang mesin ataupun kelistrikan mobil tersebut. Faktor utama dari kualitas sebuah mobil biasanya diukur oleh mesin mobil itu sendiri, karena bagian ini yang paling penting maka perlakuan dalam perawatannya pun tidak boleh asal-asalan terutama dalam masalah oli dan bahan bakar yang digunakan.

Pemilihan oli menjadi hal yang harus diperhatikan, kerena setiap mesin punya kebutuhan yang berbeda dalam masalah pelumasan. Misalnya oli untuk mobil matic tidak bisa digunakan untuk mobil manual, begitu juga sebaliknya oli mobil manual akan merusak gearbook mobil matic jika dipaksakan. Oli mobil terbagi dari 2 jenis sesuai dengan perannya masing-masing yaitu oli mesin dan oli transmisi.

Tips Merawat Mobil Bekas

Untuk mobil matic, pemilihan oli transmisi yang salah akan berakibat sangat fatal pada mesin mobil itu sendiri, hal yang paling parah adalah kerusakan gearbok yang biaya penggantiannya hampir setara dengan 1 buah motor gede kelas 250cc hehe. Jadi harap diperhatikan betul-betul kebutuhan oli transmisi mobil sobat sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mobilunda menyarankan untuk menggunakan oli transmisi bawaan pabrik dan menggantinya di bengkel resmi.

Baca Juga  Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Terbaik dan Terpercaya

tips merawat mobil

Sedangkan untuk oli mesin, kita bebas menentukan merk dan jenis oli tersebut, kita tinggal menyesuaikan dengan usia pakai dan kemampuan kantong, heheh biasanya makin mahal harga oli maka kualitasnya pun akan semakin baik, terutama oli-oli ternama yang beredar dipasaran. Ohya jangan pernah menggunakan oli eceran ya, karena dipastikan itu akan memperpendek usia dari kendaraan kalian nantinya. Untuk pergantian oli biasanya sekitar 10rb kilometer sekali, biasanya sih sekalian ganti filternya agar lebih maksimal.

Tips merawat mobil bekas yang selanjutnya adalah memperhatikan kualitas bahan  bakar yang kita gunakan, sobat pasti sudah mengetahui bahwa pemakaian bahan bakar seperti premium akan mudah sekali menimbulkan kerak pada tangki bensin dan lama kelamaan akan menyumbat aliran bahan bakar dari tangki ke ruang pembakaran dan akibatnya mobil sobat akan terasa ndut-ndut an bahkan bisa sampai mogok jika dibiarkan. Maka gunakan selalu bahan bakar yang mempunyai oktan 92 keatas agar kondisi ruang bakar tetap bersih dan terjaga serta jangan lupa untuk mengganti filter bahan bakarnya ya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ruang kabin agar menjadikan pengalaman mengemudi yang menyenangkan, ruang kabin yang selalu bersih dan wangi akan membuat kita menjadi relax dan merasa nyaman berlama-lama didalam mobil bukan. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas pendingin atau AC pada mobil tersebut, selalu lakukan pengecekan atau pergantian filter secara berkala agar udara yang dihasilkan lebih bersih dan tentunya tidak akan menimbulkan bau pada ruang kabin mobil sobat.

Untuk perawatan mobil bagian body atau cat mobil agar bersih dari lecet atau baret serta penyok sobat bisa menyerahkan ke ahlinya seperti salon mobil terdekat yang ada didekat sobat, namun apabila kalian punya waktu berlebih tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan sendiri terhadap boil kesayangan misalnya melakukan waxing satu bulan sekali agar kilap dan warna yang dihasilkan oleh cat mobil tetap cemerlang seperti baru. Dengan memberikan wax sebulan sekali tentu akan meningkatkan proteksi terhadap cat mobil kita dari paparan sinar Ultra Violet dan asamnya air hujan yang bisa menyebabkan body mobil kita menjadi kusam dan jelek.

Baca Juga  Tips Jual Beli Mobil Bekas Secara Online

Walaupun barang bekas asalkan terawat akan membuat pemakainya lebih percaya dirim dan tentunya mobil yang selalu dirawat dan diperhatikan tidak akan membuat kita susah seperti mogok dan lain-lain yang membuat kita harus mengeluarkan dana yang lebih besar untuk perbaikan mobil tersebut. Demikian artikel kali ini tentang tips merawat mobil bekas, semoga setiap artikel yang mobilunda sajikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan