cara memilih velg
tips

Tips Memilih dan Mengganti Velg Mobil Kesayangan

152Views

Tips memilih velg mobil –  Sejatinya mobil buatan pabrik memang sudah di desain dan di perhitungkan secara rinci mulai dari desain, faktor kenyamanan, faktor keamanan dan tampilan, namun bagi sebagian orang tidak menyukai hal yang seperti itu, apalagi dikalangan anak muda yang memang menyukai sesuatu yang berbeda dibandingkan yang lainnya.  Dalam dunia modifikasi tampilan memang menjadi prioritas para modifikator termasuk saya sendiri yang memang lebih mementingkan tampilan dibandingkan kenyamanan.

Tips Memilih Velg Mobil dan Efek Samping Pergantian Yang Ditimbulkan

tips memilih velg mobil

Seperti yang sudah di sebutkan diatas bahwa sebuah mobil sudah dibuat senyaman dan sebaik mungkin oleh pabrikan yang pastinya sudah melewati quality control (QC) yang sangat ketat oleh pihak pabrikan terutama dalam hal kenyamanan dan keamanan. Namun tidak begitu dalam dunia modifikasi yang memang tidak ada kata sempurna untuk tampilan sebuah mobil pabrikan.

Modifikasi mobil terbagi dari beberapa aspek misalnya eksterior, interior dan ruang mesin. Untuk eksterior dan interior saya rasa banyak sekali kita jumpai di seluruh penjuru kota di Indonesia namun untuk urusan mesin kita harus memikir dua kali untuk merubah atau modifikasi pada bagian ini.

Tingkatkan Tampilan Eksterior Mobil Dengan Velg Variasi

Banyak sekali toko toko yang menyediakan berbagai jenis velg mulai dari original hingga kw yang harganya jauh berbeda. Perlu diingat ada beberapa kekurangan jika kita menggunakan jenis kw terutama untuk harian. Velg kw tidak di desain untuk penggunaan jangka panjang, apalagi untuk bepergian keluar kota seperti mudik pada musim lebaran seperti ini.

Jenis dan Tipe Velg Mobil

cara memilih velg

Velg mobil dibagi 3 jenis yaitu velg variasi (kw) dan  Original, serta OEM (standar pabrik). Tentu banyak sekali perbedaan dari ketiga jenis tersebut tersebut diatas, mari simak pembahasan berkut.

  • Velg OEM : Jenis yang satu ni biasanya bawaan dari pabrikan mobil yang biasanya memang di desain untuk kenyamanan dan keamanan standar pemakaian harian saja, dari segi desain velg seperti ini jauh dari kata cantik karena mempunyai diameter yang relatif kecil dan ban yang tebal sehingga banyak sekali rongga pada fender mobil yang membuat tampilan menjadi tidak elegan dan terlihat kosong. Dari segi kenyamanan jenis OEM memang bisa diandalkan karena berkarateristik ukuran atau diameter yang kecil dan ban tebal yang mengurangi road noise pada saat berkendara.
  • Velg Original : Untuk tipe yang satu ini memang menjadi impian para modifikator dan pemakai seperti saya, pasalnya dari segi tampilan dan keamanan tentu sangat baik. Tipe jenis original mempunyai karakteristik yang mantab untuk dipakai harian hingga balap. dari segi tampilan pun  original sangat menarik dan memanjakan mata pemiliknya. Lalu bagaimana untuk segi keamanan? dengan harga yang bisa dibilang selangit tentu faktor keamanan, kenyamanan dan tampilan sangat diperhatikan pada jenis  yang satu ini jadi tidak usah di ragukan lagi. Terdapat banyak sekali pilihan model, ukuran, warna dan merk untuk tipe original yang harganya berkisar antara 30 juta keatas.
  • Velg KW : Jenis ini biasanya sangat diminati modifikator atau pemakai biasa, harganya yang cukup terjangkau dan model yang beragam serta desain yang banyak pilihan membuat  jenis ini sangat diminati. Yang namanya kw tentu jangan berharap banyak dari yang satu ini, banyak sekali kekurangan – kekurangan yang dimiliki  jenis ini dibandingkan velg asli atau original. Memang dari segi tampilan velg kw terlihat mirip dengan yang asli, namun dari segi built quality dan jika di perhatikan secara seksama tentu akan terlihat perbedaannya. Biasa velg kw finishing produknya tidak serapi velg oem dan  original, serta bobot velg kw lebih berat yang membuat akselarasi mobil menjadi tidak maksimal, belum lagi ketahanan velg ini yang rawan peang jika terkena benturan.
Baca Juga  Cara Membasmi dan Menghilangkan Waterspot Pada Mobil

Tips Mengganti dan Memilih Velg Mobil yang Tepat

tips memilih velg mobil tidak bisa sembarangan loh sob, pasalnya ada beberapa spesifikasi dari velg tersebut yang harus disesuaikan dengan mobil kita misalnya ukurang diameter velg, ET velg dan lebar velg itu sendiri sehingga masih bisa digunakan untuk keperluan harian, lain halnya jika memang mengganti velg untuk kebutuhan kontes dimana ukuran menjadi hal nomor satu. Sebelum kita lanjut hendaknya kita mengetahui dulu secara jelas apa itu Diameter, ET dan lebar dari sebuah velg mobil.

apa itu offset velg

Apa itu Offset / ET : Offset / ET merupakan ukuran dari ketebalan bagian pant@t velg yang langsung bersentuhan dengan tromol pada mobil.

Mari Perhatikan gambar diatas yang merupakan gambaran tentang penampang Velg.
Untuk perhitungan awal offset / ET=0 mm dihitung mulai dari lebar velg dibagi 2 sama rata (Contoh gambar tengah Zero Offset)
Nilai offset yang semakin besar / + / Positive akan membuat pant@t velg semakin kedepan (Contoh gambar kanan Positive Offset)
Sebaliknya nilai offset yang semakin kecil / – / Negative akan membuat pant@t velg semakin ke belakang (Contoh gambar kiri Negative Offset)
Apabila offset / ET semakin besar otomatis apabila dipasang ke mobil akan membuat velg semakin masuk kedalam fender, karena pant@t velg semakin tipis.
Contohnya velg dengan offset 45 mm apabila dipasangkan pada mobil posisinya akan lebih masuk daripada velg dengan offset 25 mm, karena selisih jarak pant@t velg ke tromol berbeda 20 mm.

cara memilih dan menentukan velg

Disamping itu ada beberapa hal atau faktor yang harus dijadikan perhatian oleh pemilik atau pengguna mobil yang ingin mengganti dengan velg baru. , apabila velg dengan offset terlalu besar / Positive maka ada kemungkinan velg akan mentok dengan bagian dalam komponen mobil seperti spakbor dalam, batang shockbreaker, mangkok per atau yang lainnya dan juga sebaliknya apabila velg dengan offset terlalu kecil / Negative maka velg akan semakin keluar dari fender mobil dan tentunya akan menyebabkan resiko velg menyentuh fender mobil pada saat roda berputar.

Baca Juga  Tips membeli Mobil Baru dan Bekas Serta Cara Perawatannya

Maka dari itu mobilunda.com memberikan tips memilih velg mobil dan menyarankan untuk konsultasi atau menghitung spesifikasi velg yang akan digunakan dengan ahli velg di kota sobat sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari dan tidak beresiko saat dipakai untuk perjalanan jauh apalagi sekarang sudah memasuki musim mudik lebaran yang menuntut performa penuh sebuah mobil atau kendaraan kesayangan.

Gimana sob? udah ada gambaran tentang sepatu baru nya? mobilunda lebih menyarankan menggunakan produk original atau oem saja ya, kecuali memang untuk kebutuhan tampilan saja, jangan menggunakan produk kw untuk jarak jauh apalagi dibuat balapan ya, selain membahayakan diri sendiri juga bisa berbahaya untuk orang lain. Demikian artikel kali ini tentang tips memilih velg mobil, semoga bisa bermanfaat.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan