tips

Tips Membersihkan Mesin Mobil Yang Kotor dan Berkerak

1.9KViews
Tips membersihkan mesin mobil – Assalamualaikum sobat mobilunda, Mesin merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah mobil yang diibaratkan seperti jantung pada manusia he, namun terkadang si pemilik mengabaikan kebersihan dari ruang pacu mobil miliknya dikarenakan malas dan tidak tahu cara membersihkannya, nah pada kesempatan kali ini mobilunda akan sedikit memberikan cara atau tips membersihkan mesin mobil dari debu atau bekas oli. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membersihkan mesin mobil namun ada hal-hal yang harus diperhatikan mengingat didalam ruang mesin terdapat kabel-kabel kelistrikan yang amat berbahaya jika terkena cipratan air terlebih lagi untuk mobil tua yang tidak mempunyai box di mesinnya yang membuat rentan terjadi korsleting pada bagian mesin mobil.
Tips membersihkan mesin mobil
Diluar sana banyak sekali salon salon yang menyediakan jasa membersihkan mesin mobil dengan harga yang relatif murah dan bervariasi, biasanya sekitar 100-300rb saja untuk didaerah Banjarmasin Kalimantan Selatan, namun saya kira di kota-kota besar pasti bisa lebih murah. Tetapi tidak semua jasa pembersih ruang mesin bisa melakukan tugas nya dengan benar, kita juga harus selektif dalam memilih jasa yang mereka jual serta dapat mempertanggung jawabkan kerja mereka jika terjadi sesuatu pada mesin mobil sobat selama pengerjaan. Lalu bagaimana memilih salon atau jasa untuk perawatan ruang mesin? mudah saja koq, sobat bisa melihat kredibilitas salon mobilnya itu sendiri, makin banyak customer mereka bisa dipastikan kualitas pengerjaan dalam membersihkan mesin mobil pasti layak untuk dicoba dan jangan lupa untuk sekalian mencuci mobil agar tampilan mobil sobat bersih luar dalam.
Selain menggunakan Salon atau jasa mencuci ruang mesin bisa dilakukan sendiri yang tentunya hemat biaya dan bisa sesuai dengan keinginan kita sendiri, namun ada beberapa tips dalam membersihkan mesin mobil agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan tentunya tidak terlalu mengeluarkan dana dan tenaga berlebih. Untuk membersihkan mesin mobil biasanya menggunakan mesin penyemprot air yang bertekanan tinggi, namun hal tersebut hendaknya sih dihindari karena mungkin dapat merusak kelistrikan mobil itu sendiri dikarenakan tekanan yang terlalu berlebihan, sedangkan kabel-kabel dalam mesin mobil tidak sepenuhnya anti air.

Tips membersihkan mesin mobil

Untuk membersihkan ruang mesin bisa dilakukkan dengan cairan khusus atau semprotan khusus yang bernama degreaser, cairan atau semprotan ini banyak dijual dipasaran dengan berbagai merk dan harga, namun lebih baik membeli yang berkualitas walaupun agak mahal sedikit dari pembersih biasa. Cairan ini bersifat mengikis atau melunturkan kotoran, kerak, dan minya yang menempel pada mesin mobil, cara pemakaiannya pun tergolong cukup mudah dan bisa di lakukan tanpa menggunakan air. Sobat hanya perlu untuk menyemprotkan cairan degreaser tersebut ke seluruh bagian mesin mobil, dan lakukan dengan perlahan agar setiap sela – sela mesin terlapisi dengan sempurna. Setelah semua beres sobat hanya tinggal menunggu cairan ini bekerja dengan sendirinya untuk mengikis kerak dan kotaran yang ada pada ruang mesin mobil sobat, bisa juga untuk mengaplikasikan kuas kecil agar kotoran dan minyak terangkat sempurna dari semua komponen mesin. Setelah semua kotoran terangkat sobat tinggal membersihkan sisa sisa cairan atau kotoran dengan lap microfiber agar mesin mobil kembali bersih dan bebas dari debu serta kotoran yang menempel. Cara ini relatif lebih aman bahkan untuk pemula sekalipun dalam membersihkan mesin mobil dibandingkan harus menggunakan air dengan tekanan tinggi yang mungkin akan mengakibatkan korsleting pada kelistrikan mobil.
tips membersihkan mesin mobil
Engine Cleaner
Demikian tips singkat kali ini tentang cara membersihkan mesin mobil ya sobat supaya tidak terlalu penat membacanya hehe, setelah mesin mobil bersih ada baiknya sobat melanjutkan perawatan body mobil agar keseluran mobil menjadi lebih sempurna.

Baca Juga  Cara dan Tips Merawat Mobil Bekas
Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan