tips

Tips Membeli Mobil Matic Bekas Yang Berkuaitas

2.44KViews
Tips Membeli Mobil Matic – Assalamualaikum sobat, mobil matic merupakan pilihan yang tepat pada zaman sekarang. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang tips memilih dan membeli mobil matic bekas yang baik dan berkualitas, tentunya yang tidak ada PR sehingga kita bisa langsung memakainya tanpa ada perbaikan apa-apa. Memilih mobil matic yang bagus memang gampang-gampang susah, namun jika tidak teliti kemungkinan salah memilih akan semakin besar. Agar tidak salah dalam pemilihan ada baiknya sobat mengetahui cara dan tips membeli mobil bekas matic yang baik dan murah pastinya.
Tips membeli mobil matic
mobil bekas

Tips membeli mobil matic

Dalam pemilihan, tentunya tidak akan ada yang sempurna kualitasnya, kecuali sobat membeli mobil baru langsung di dealer atau showroom, mobil bekas pasti lah mempunyai kekurangan namun dalam batas yang wajar sehingga biaya yang dikeluarkan relatif sedikit dan tidak mempengaruhi kinerja dari mobil itu sendiri.
Hal yang perlu dilakukan dalam pemilihan mobil bekas adalah menentukan jenis dan merk yang akan dibeli tentunya dengan berbagai pertimbangan seperti budget maksimal dan tipe  yang diinginkan.  Sebaiknya jangan hanya terpaku pada sebuah brand  karena dipasaran mobil bekas di Indonesia banyak sekali mobil bekas dengan kualitas ciamik meskipun bukan buatan Jepang. Setelah kita sudah tau mobil apa yang akan dibeli, kita tinggal mencari referensi harga minimal dan maksimal agar tahu harga pasaran mobil tersebut.
Setelah sobat mendapatkan apa yang ingin dibeli, ada baiknya sobat mengikuti langkah – langkah Tips membeli mobil matic dibawah ini.
  1. Perhatikan kualitas dan kondisi oli matic pada mobil tersebut, dengan cara menghidupkan mesin kurang lebih 1 menit lalu coba buka pengukur oli matic tersebut, pastikan warna dan ketinggian oli matic tersebut. Apabila oli matic masih terlihat bening dan ketinggian dari tekanan masih bearada pada batas maksimal berarti oli masih dalam kualitas yang oke.
  2. Periksa gearbox atau box transmisi, pastikan gearbox dan mesin tidak ada bekas rembesan oli apalagi sampai menetes ke lantai, cek semua bagian-bagian seal mesin dari atas sampai bawah agar tidak ada bagian yang terlewatkan. Untuk perbaikan kebocoran atau rembes oli pada bagian gearbox bisa memakan biaya hingga 7 juta rupiah tergantung jenis dan merk.
  3. Dengarkan suara mesin, saat mesin menyala coba lah untuk memindahkan tuas transmisi matic dari P ke R, R ke N, N ke D dan D ke P, apabila terdengar seperti suara jedug atau suara-suara aneh lainnya dari ruang mesin kemungkinan ada yang salah pada gearbox mobil tersebut. Bunyi jedug keras akan terdengar saat perpindahan tuas transmisi dari P ke R pada mobil matic yang gearbox nya bermasalah
  4. Uji coba atau test jalan pada mobil matic yang ingin dibeli, cara ini merupakan cara yang paling gampang untuk mengetahui kualitas dari mobil yang akan dibeli. mobil matic yang berkualitas bagus dalam hal perpindahan transmisi akan terasa sangat lembut dan tidak ada hentakan apalagi slip kopling yang menyebabkan perpindahan transmisi terganggu.
  5. Selain dari segi mesin unsur kaki – kaki tidak boleh dilupakan, agar mendapatkan mobil matic bekas yang berkualitas jangan lupa untuk mengecek keseluruhan kaki-kaki atau shock mobil, biasanya pada bagian ini lah yang sering bermasalah apalagi untuk mobil – mobil yang sudah berumur lebih dari 10 tahun.
Setelah melakukan pengecekan dari 5 point diatas, dan semua dirasa normal dan tidak ada kendala maka dapat dipastikan mobil matic bekas yang sobat itu layak untuk dibeli, untuk urusan body atau eksterior bisa difikirkan belakangan karena tidak terlalu menguras kantong untuk segi perbaikan dan perawatan body mobil. Ohya jangan lupa menyiapkan uang berlebih untuk membayar pajak tahunan ya sobat. Demikian artikel kali ini tentang tips membeli mobil matic yang terbaik, semoga dapat bermanfaat dan membantu sobat untuk memilih mobil bekas idaman tentunya dengan harga murah dan kualitas yang ok.

Baca Juga  Tips Memilih dan Mengganti Velg Mobil Kesayangan
Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan