Tips membeli mobil bekas
tips

Tips Membeli Mobil Bekas? Mudah Saja Caranya

Tips Membeli Mobil Bekas

847Views

Tips membeli mobil bekas – Assalamualaikum sobat mobilunda, kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana cara membeli mobil bekas atau second yang baik dan berkualitas tentunya dengan harga yang jauh lebih bersahabat dibandingkan kita membeli unit baru dan yang pasti harga jual kembali tidak akan turun drastis. Memilih unit bekas yang berkualitas tidak perlu terlalu memikirkan merk atau brand mana yang lebih bagus, semua brand atau merk sudah mempunyai standar atau quality control masing-masing terhadap produknya yang membedakan biasanya adalah berapa lama atau berapa tahun unit itu dapat bertahan tanpa pergantian part. Begitu juga untuk masalah harga jual kembali, ini yang sangat mempengaruhi sebuah harga mobil bekas di pasaran, masyarakat Indonesia masih memandang sebelah mata untuk produk yang memang bukan berasal dari Negara Jepang.

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips membeli mobil bekas dan memilih yang paling baik diantara sekian banyak pilihan unit adalah dengan melihat ujung knalpot kendaraan roda empat tersebut, apabila ujung knalpot unit bekas itu masih keluar air dan bersih tidak ada tanda-tanda bekas oli atau berwarna hitam berarti mesin masih bisa dibilang sehat.

memilih mobil bekas
Mobil Bekas

Tips membeli dan memilih mobil bekas yang berkualitas

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mobil bekas di showroom ataupun pemakai langsung adalah sektor mesin yang pastinya, cobalah untuk cek bagian bawah mesin, biasanya mobil bekas rentan akan rembesan oli, dan yang sering bocor biasanya adalah oli power steering dan oli mesin. Untuk perbaikan kebocoran mesin dan power steering kita harus menyediakan budget 1jt- 5jt.

Apabila sobat ingin membeli mobil bekas bertransmisi matic ada baiknya untuk melakukan test jalan atau test drive untuk merasakan accelarasi dari matic tersebut, apabila matic terasa kurang responsif dan pergantian gigi terasa lambat dan menghentak, dapat dipastikan mobil matic tersebut bermasalah pada bagian gearbok. Kalau sobat menemukan kasus seperti ini maka alangkah baiknya sobat tinggalkan saja pilihan ini dan coba cari mobil bekas yang lain, karena perbaikan dan pergantian gearbok merupakan mimpi buruk bagi unit yang menghabiskan duit 10-50jt.

Baca Juga  Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas di Showroom

Selanjutnya agar mendapatkan unit bekas yang berkualitas kita harus rela untuk ngolong dan cek setiap kaki-kaki mobil, yang perlu di perhatikan adalah per, shockbreaker, tierod, karet-karet dan racksteering karena pada kendaraan bekas yang usia pakainya tidak muda lagi akan menimbulkan bunyi yang mengganggu pada saat melewati jalan berbatu atau tidak mulus.

Cara cek kendaraan bekas selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagian casssis depan dan belakang mobil, kalau unit tersebut bekas tabrakan biasanya ditandai dengan tanda las yang ada di cassis depan dan belakang, namun jangan lupa untuk cek setiap bagian pintu.

Cek juga kelistrikan mobil tersebut, mulai dari power steering, power window, alarm, lampu kabin, headlamp, foglamp, breaklamp dan tentunya suplay power dari aki mobil bekas tersebut, mengingat peran aki sangat penting dalam sebuah mobil maka pastikan lah aki kendaraan masih dalam kondisi prima, sobat tidak mau kan apabila saat dijalan mobil tidak bisa di starter atau dihidupkan, apabila hal tersebut terjadi tentunya sobat harus mendorong atau menderek mobil tersebut. Ada baiknya sobat menyediakan power bank yang dapat menjadi jumper aki, banyak koq dijual di pasaran dengan harga 500-1jt rupiah.

Selanjutnya adalah mencek semua surat-surat mobil bekas tersebut, dan mencocokan nomor rangka dan nomor mesin yang ada dimobil dengan yang di BPKB dan di STNK, karena zaman sekarang banyak mobil bodong yang beredar.

tips membeli mobil bekas

dan yang terakhir bagaimana cara memilih dan membeli mobil bekas yang berkualitas adalah meperhatikan seluruh bagian luar body mobil, perhatikan dengan seksama apakah mobil tersebut sudah di repaint ulang atau belum, apabila sudah direpaint coba untuk menanyakan apa sebabnya dia melakukan repaint pada mobil tersebut. Mobil yang sudah di repaint biasanya harga jual mobil tersebut akan turun.

Baca Juga  Cara dan Tips Merawat Mobil Bekas

Oke sobat mobilunda, gampang bukan untuk tips membeli mobil bekas namun berkualitas? apabila sobat masih kurang paham, hendaknya memakai jasa montir bengkel langganan untuk cek mobil bekas tersebut atau melakukan general checkup di delaer resmi. Demikian artikel kali ini tentang tips membeli mobil bekas yang berkualitas semoga dapat berguna bagi kita semua.

Arief
the authorArief

3 Komentar

Tinggalkan Balasan