tips membeli mobil bekas
tips

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas di Showroom

mobil bekas berkualitas

tips membeli mobil bekas

2.04KViews

Tips membeli mobil bekas – Assalamualaikum sobat mobilunda pada kesempatan kali ini kita tentu masih membahas hal yang berhubungan dengan otomotif yaitu cara atau tips bagaimana membeli mobil bekas dan murah di showroom. Seperti yang kita tahu dalam membeli sebuah mobil bekas harus teliti dan punya pengetahuan lebih tentang mobil-mobil bekas yang dijual dipasaran khususnya di showroom. Bagi setiap orang pastinya ingin mempunyai mobil yang terbaik walaupun bekas, namun tidak jarang penjual biasanya menutup-nutupi kekurangan atau PR dari mobil jualannya tersebut untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, ya.. walaupun tidak semua penjual mobil bekas atau showroom seperti itu. Untuk tips membeli mobil bekas di showroom bisa menggunakan dua cara yaitu cash dan kredit. Biasanya showroom memberikan harga lebih murah dibandingkan cash, namun itu hanya perhitungan awal saja, membeli mobil bekas melalui kredit pasti jatuhnya lebih mahal. Sebaiknya sobat terlebih dahulu untuk surver daftar harga mobil bekas di situs jual beli mobil seperti olx, berniaga, tokobagus dan lain-lain yang saat ini sudah sangat mudah untuk di akses melalui smartphone.

tips membeli mobil bekas
Mobil Bekas Showroom

Ada beberapa cara atau tips yang dapat di lakukan untuk membeli mobil bekas di showroom agar mendapatkan unit yang terbaik dan paling oke tentunya yang tanpa PR atau ada perbaikan lagi setelah pembelian apalagi jika sampai mendapatkan unit bekas tabrakan dan banjir.

Tips memilih mobil bekas ala mobilunda.com yang terbaik bisa menggunakan biro jasa yang sudah dipercaya kredibilitasnya, sehingga hasil laporan atau report nya dapat dipertanggung jawabkan. Memilih mobil bekas di showroom dengan biro jasa tentu dikenakan biaya atau upah yang tidak terlalu mahal, untuk daerah jakarta harga jasa general checkup nya sekitar 500rb – 2jt rupiah tergantung perusahaan atau penyedia jasa tersebut. Apabila anda kurang percaya dengan biro jasa dan ingin melihat secara langsung pengecekan unit tersebut, sobat bisa meminta si penjual untuk bersama-sama melakukan general chekup atau cek keseluruhan kondisi kendaraan di bengkel resmi terdekat, dan pastinya ada biaya jasa juga. Namun hal tersebut sepadan dengan hasil yang diberikan, tentunya sobat tidak mau kan membeli kucing dalam karung. Lebih baik mengeluarkan beberapa ratus ribu untuk membayar jasa general checkup dibandingkan mengeluarkan ratusan ribu sampai puluhan juta untuk perbaikan yang tidak diduga-duga bukan.

Baca Juga  Tips Merawat Interior Mobil

tips membeli mobil bekas

 

Namun jika sobat lebih suka memilih dan menentukan sendiri mobil bekas yang terbaik untuk di beli ada baiknya sobat memperhatikan beberapa bagian dibawah ini :

Tips membeli mobil  bekas

  • Cek bawah mesin apakah ada rembes oli atau tidak, pastikan semua seal dalam kondisi aman dan masih rapat sehingga tidak ada rembesan oli yang keluar dari sela-sela mesin.
  • Cek tiap-tiap pintu apakah ada bekas sambungan las, bisa jadi unit tersebut pernah ditabrak dari samping, serta pastikan seluruh karet pintu masih dalam kondisi prima karena jika karet pintu sudah mulai getas maka dapat dipastikan air hujan dapat dengan mudah masuk ke ruang kemudi yang menyebabkan ruang kabin menjadi bau apek dan berjamur.
  • Cek depan Kap Mesin dan bagasi belakang, mobil yang tidak pernah tabrakan biasanya masih mempunyai casis atau tulangan yang lurus tanpa sambungan
  • Untuk mengecek mobil tersebut bukan bebas banjir, sobat bisa melihat bagian bawah mobil dan dibawah karpet dasar. Mobil bekas banjir biasanya menimbulkan karat dan bercak pada karpet dasar mobil.
  • Cek juga semua kelistrikan yang ada pada mobil tersebut agar tidak ada missfunction pada semua fitur di mobil tersebut misalnya VSA yang mati akibat kelistrikan mobil tidak berjalan lancar. Kelistrikan mobil memang tidak membutuhkan biaya yang cukup besar namun pengerjaannya akan memakan waktu cukup lama.
  • Cek semua kaki-kaki pastikan tidak ada bunyi yang mengganggu. Untuk mengeceknya cukup gampang, sobat bisa test mobil tersebut melalui jalan berbatu atau polisi tidur, apabila berbunyi yang tidak biasa maka sobat harus mengganti seluruh karet support nya dan yang paling parah adalah pergantian tierod dan rackend serta rack powersteering.
  • Cek semua karet-karet engine mounting, nah ini biasanya terjadi pada mobil pabrikan Honda yang sering kali bermasalah pada bagian ini. Pergantiannya memang tidak terlalu mahal namun saya sarankan untuk mengganti seluruh engine mounting jika terasa sudah cukup keras.
  • Untuk mobil manual pastikan kopling mobil masih layak pakai atau tidak keras, karena untuk biaya ganti kopling avanza di auto 2000 saja harganya cukup menguras kantor.
  • Jangan lupa untuk cek semua ban termasuk ban cadangan dan pastikan semua masih dalam keadaan baik dan layak pakai.
Jika semua sudah di cek dan tidak ada masalah yang berarti maka mobil tersebut layak untuk dibeli, namun jangan lupa untuk cek kelengkapan dari surat menyurat mobil bekas tersebut agar tidak ada masalah di kemudian hari. Demikian artikel kali ini tentang tips membeli mobil bekas yang baik dan bekualitas Atau sobat juga bisa membaca tips memilih mobil bekas di artikel sebelumnya.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan