Asuransi Mobil

Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi Sampai Dana Cair

1.68KViews

Dalam sebuah asuransi mobil besar pastilah ada standar operasional prosedur atau syarat dan tahapan asuransi mobil agar dana yang di klaim bisa cepat cair, ketika mobil baru atau bekas yang Anda kendarai mengalami kecelakaan, tentu akan menimbulkan banyak kerugian belum lagi harga mobil akan turun drastis jika dijual kembali. Namun jika kendaraan tersebut telah didaftarkan di perusahaan penyedia layanan asuransi mobil. Akan mengurangi beban biaya yang harus ditanggung akibat kejadian tersebut. Sebelum dana pertanggungan dicairkan dan klaim Anda disetujui, ada syarat-syarat yang menjadi tahapan pengajuan klaim yang harus dipenuhi agar tidak ditolak sehingga dana bisa segera dan cepat cair.

Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi Mobil Kesayangan

asuransi mobil

  1. Menghubungi pihak asuransi mobil
    Hal pertama Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi adalah Setelah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atas kendaraan Anda misalnya kecelakaan dan kejahatan berupa perampokan yang kerap kali dilakukan dengan memecah kaca mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak penyedia layanan asuransi mobil Anda. Namun perlu digarisbawahi bahwa rentang waktu yang diberikan maksimal adalah 3 x 24 jam setelah kejadian. Jika Anda melaporkan kejadiannya setelah lewat dari waktu tersebut maka klaim akan ditolak dan otomatis biaya pertanggungan tidak akan dibayarkan. Jika memungkinkan, lebih baik lagi dengan datang sendiri ke perusahaan terkait untuk melaporkan kejadian dengan lebih terperinci. Hal ini akan menjadi bukti pernyataan yang akan membuat klaim anda diproses lebih cepat.
  2. Mengisi formulir pengajuan klaim
    Anda akan diminta mengisi formulir aplikasi pengajuan klaim yang berisi seputar kelengkapan data terkait identitas, kendaraan yang diasuransikan hingga menuliskan dengan runtut kejadian yang mengakibatkan Anda mengalami kerugian. Selain itu juga biasanya formulir pengajuan ini harus diisi dengan menuliskan siapa saja saksi kejadian tersebut untuk kemudian juga menandatangani formulir terkait. Isikan data mulai dari identitas hingga semua yang dibutuhkan dengan jujur dan terperinci. Jangan sekali-kali menuliskan keterangan palsu karena hal itu bisa mengakibatkan klaim pertanggungan asuransi kendaraan Anda ditolak pihak asuransi.
  3. Lampirkan bukti-bukti terkait kecelakaan
    Bukti-bukti yang dimaksudkan adalah segala yang bisa menunjukkan bahwa kecelakaan memang terjadi. Bukti ini bisa meliputi foto kendaraan yang rusak, serta biaya perbaikan yang telah Anda keluarkan ketika membawanya ke bengkel maupun mengganti kerusakan lainnya. Jika terjadi kecelakaan yang membuat pemegang polis mengalami luka maka biaya perawatan maupun kecacatan permanen hingga kematian akan ditanggung pihak asuransi. Catat dan rincikan semua biaya yang dikeluarkan ketika terjadi kecelakaan maupun kejadian akibat kejahatan seperti pencurian yang mengakibatkan kerusakan kendaraan.
  4. Melengkapi berkas-berkas yang diminta pihak asuransi
    Ketika pengajuan klaim dilakukan dan formulir aplikasi sudah diisi dengan benar, Anda pun harus melengkapi beberapa berkas yang diminta pihak asuransi untuk kelengkapan berkas Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi mobil, diantaranya:
  • Foto copy identitas diri yang masih berlaku
  • Foto copy STNK
  • Foto copy SIM
  • Bukti pembayaran premi bulan sebelumnya
  • Foto copy buku rekening bank
Baca Juga  3 Jenis Asuransi Mobil Dari Jenis Penggunaannya

Semua kelengkapan berkas ini kemudian diserahkan ke kantor asuransi bersangkutan untuk kemudian diproses. Jika berkas yang Anda lampirkan memang benar maka proses pencairan dana asuransi bisa segera dilakukan, biasanya besarnya bervariasi sesuai dengan jenis asuransi dan penyedia layanan yang Anda pilih.

5. Pencairan biaya pertanggungan
Tahap selanjutnya Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi adalah pencairan dana asuransi sesuai dengan perjanjian yang tertera sebagai kesepakatan antara pemegang polis dan pihak asuransi sebagai penanggung. Anda akan menerima pemberitahuan kapan transfer dilakukan, biasanya pihak asuransi akan menelepon Anda jika sudah dicairkan.

Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi

Demikianlah Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi yang perlu diketahui bagi Anda yang akan mengajukan klaim kepada pihak asuransi. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua kerugian yang Anda ajukan sebagai klaim bisa disetujui, misalnya ketika terjadi kehilangan kendaraan akibat dibawa kabur orang lain maupun oleh penyewa yang tidak bertanggung jawab, hal seperti ini tidak bisa ditanggung oleh asuransi. Begitu pula kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan Anda seperti tumpahan cairan kimia yang merusak penampilan mobil tidak bisa diklaim sebagai kerugian yang termasuk pertanggungan. Sebagai pengendara yang bijak, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah selalu waspada ketika berkendara. Waspada di jalan raya maupun dilingkungan yang ramai dan rawan kecelakaan.

asuransi mobil

Mencegah jauh lebih baik daripada menanggung kerugian. Tentunya dengan mendaftarkan kendaraan ke perusahaan asuransi adalah cara terbaik bagi proteksi keuangan Anda dari membayar perbaikan mobil yang tidak sedikit. Setiap pemilik kendaraan tentu ingin kendaraan yang dimiliki terproteksi dengan baik.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan