hondareview

Setahun Merawat Mobil Honda Civic FD1

10KViews
Assalamualaikum sobat mobilunda, tiba-tiba saya kefikiran untuk membuat review berupa tulisan tentang mobil tua yang sudah saya pakai selama 1 tahun kemaren yaitu Honda Civic FD1 tahun 2006 dan 2008. Loh koq tahunnya beda? iya pada tahun kemaren saya membeli civic fd 1800 cc tahun 2006 matic dan tahun 2008 manual, bukan untuk test namun lebih bersifat ke hobby dan kecintaan saya terhadap mobil tua dan keren yang satu ini. Mungkin tidak salah kalau saya bilang ini mobil paling keren dari dulu hingga sekarang dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga mobil bekasnya saja sekarang sekitar 130jt-170jt untuk tahun 2008 namun tergantung kondisi mobil tersebut juga. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan mobil civic fd1 ini dan kita akan sedikit membahas kekurangan dan tentunya kelebihan dari mobil tua dan keren yang satu ini.
Civic FD1
Civic FD1 2006 Mugen RR
Sebelum kita lanjut ke topik pembahasan, ada baiknya sobat untuk mengetahui dulu spesifikasi Honda Civic FD1 yang mempunyai 2 varian berbeda yaitu FD 1 dan FD 2 yang masing-masing mempunyai kapasitas mesin 1800cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 140HP di 6.400 Rpm, dan FD2 yang mempunyai kapasitas mesin sebesar 2000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 155hp pada 6000 rpm, kedua varian tersebut memiliki 2 pilihan porsneling automatic dan manual yang mengusung mesin I-Vtec dengan 5 kecepatan.
civic fd1
Civic FD1 2008
Honda Civic FD1 di lahirkan dari tahun 2006 hingga tahun 2011 yang tentunya masih sangat eksis sampai sekarang karena mesinnya yang handal dan lekukan body mobil yang sangat mempesona yang bisa dipakai oleh pria maupun wanita, muda maupun tua. Mobil ini biasanya dijadikan bahan para modifikator untuk mengikuti kontes-kontes mobil karena part dan variasi-variasi mobil yang menjamur dari yang KW hingga Original.

Kelebihan Civic FD1

Dari segi eksterior kita bisa melihat bentuk yang futuristik dan sangar, ditambah dengan bodykit-bodykit yang bisa kita pilih sesuai selera, lampu yang berbentuk mata elang semakin membuat sangar tampilan mobil ini. Lalu bagaimana dengan dapur pacu? tentu saja dengan kapasitas mesin sebesar 1800 dan 2000 cc mobil ini mampu buat kita ajak ngebut di jalan raya maupun lintasan, untuk versi manual memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan otomatis yang mampu membuat tubuh kita terdorong kebelakang ketika meng injak gas dalam-dalam secara konstan. Pemakaian Bahan bakar atau BBM pun masih tergolong irit karena teknologi i-Vtec dari honda yang mampu menyesuaikan karakteristik si pengemudi. Dari hasil pengukuran bbm yang pernah saya lakukan, mobil ini mampu mencapai 1:10 untuk dalam kota dan 1:14 untuk luar kota dengan keadaan mobil standar dan tentunya handling yang di hasilkan mobil ini saya anggap paling mantab diantara mobil sekelasnya seperti altis.
civic fd1
Dari segi interior honda civic FD juga tidak kalah keren, mobil ini juga memberikan pilihan warna menarik untuk urusan interior yaitu black dan beige. Untuk  FD2 yang menggunakan mesin 2000cc sudah menggunakan bahan baku kulit asli sehingga lebih terkesan mewah dibandingkan dengan FD1 yang hanya menggunakan bahan baku kain untuk doortrim dan jok namun kualitasnya sangat oke punya dan sangat modern, hal ini dipertegas dengan spedometer dan konsol tengah yang sangat futuristik dan tentunya peredaman kabin juga sangat diperhatikan untuk mobil keren ini.

Kekurangan Civic FD1

Ada kelebihan pasti ada kekurangannya juga, meskipun tidak terlalu berarti bagi saya. Kekurangan civic FD yang sepertinya lumayan mengganggu adalah suara berisik yang dihasilkan dari gesekan ban dan aspal pada kecepatan tinggi, namun hal ini dapat diminimalisir dengan penggantian ban yang lebih empuk daripada ban bawaan. Fitur yang diberikan mobil ini masih sangat minim dibandingkan rivalnya toyota altis, namun pada varian civic fd2 sudah jauh lebih lengkap dan harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh berbeda. Kekurangan civic fd yang selanjutnya adalah bantingan yang keras saat melewati jalan tidak mulus atau berbatu, mungkin ini efek dari handling yang mantab tadi jadi point kenyamanan agak berkurang sedikit.

Harga Mobil Bekas Civic Fd

Untuk harga bekas mobil ini bisa tergolong murah, untuk di daerah Banjarmasin sendiri perkiraan tahun 2006 – 2008 hanya sekitar 130jr s.d 170 jutaan saja, begitu juga untuk daerah lainnya. Cukup murah bukan untuk kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan mobil citycar atau sejuta umat lainnya.

 Bagaimana sobat? apakah kalian berniat untuk membeli mobil Civic FD1 atau FD2? kalau sobat berminat bisa mencarinya di showroom-showroom terdekat namun harus berhati-hati juga kalau ingin membeli mobil bekas dipasaran. Pada artikel sebelumnya saya sudah sempat membahas tentang tips membeli mobil bekas di showroom, semoga bermanfaat.

Arief
the authorArief

3 Komentar

  • Boleh minta sarannya..
    1. Pilih Civic fd1 (2008) atau fd1 facelift (2009)?
    2. Transmisi AT atau MT buat pake tiap hari?
    3. Perawatan AT nya ribet ga mengingat usia mobil udah 8 taun keatas kalau2 ada part2 yg sudah harus diganti..
    4. Apa aja yg harus di cek sebelum beli?
    Makasih sebelum nya..

    • 1. klo ada dana lebih sih mending cari yang taun muda sob
      2. klo untuk harian tergantung kbutuhan, klo medan yang dilalui sering macet ya mending AT sih, klo untuk nyari sensasi tenaganya manual lebih berasa.
      3. klo perawatan sih biasanya paling gnti oli, terus mslah FD yang paling sering biasanya di oli rackpower steering yang rembes sm kaki-kaki. klo msalah mesin sya kira gag ada masalah asal dirawat bener2 hhehe
      4. usahakan beli mobil yang low km ya sob cuma yang asli berdsarkan track record honda, klo tahun muda tp km nya tinggi sih pasti kaki-kaki jg udh mulai gag nyaman, itu mnurut saya. dan jangan lupa untuk test drive ya, biasanya klo udh dibawa jalan mobil yg bakal milih pengemudinya sendiri hehehe. klo hati cocok angkut, tp klo hati rada berat cari yang lain

Tinggalkan Balasan