Asuransi Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil yang Wajib Kamu Tahu

874Views

mobilunda.com – Setiap harinya, resiko kecelakaan selalu menghantui kita ketika di jalan raya. Kemacetan, mengendarai motor dengan ugal-ugalan dan beberapa kasus lain turut menjadi sebab kecelakaan sangat sering terjadi, utamanya di kota-kota besar tidak pernah lengang dari lalu lalang kendaraan. Setiap hari, Anda tentu juga sering mendengar atau melihat berita yang ada di radio dan televisi terkait kecelakaan, baik tunggal, maupun kecelakaan akibat kelalaian satu atau dua pihak sekaligus, kecelakaan beruntun, dan lain sebagainya. Semua kecelakaan yang terjadi tersebut tidak ada yang kita kehendaki, satupun. Akan tetapi datangnya jutsru sangat tiba-tiba dan tidka peduli orang kaya atau orang miskin, sedang senang atau sedih, jika lalai sedikit saja, maka nyawa akan menjadi taruhan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil

kelebihian dan kekurangan asuransi mobil

Dari data yang dikumpulkan oleh WHO menyebutkan bahwasannya pembunuh terbesar ketiga setelah TBC dan Jantung Koroner adalah kecelakaan lalu lintas. Kebanyakan kasus kecelakaan tersebut memang terjadi akibat pengendara yang lalai dan tidak fokus atau mengantukMengingat semakin maraknya kasus kecelakaan, maling sepeda motor, dan kejahatan-kejahatan yang menjadikan kendaraan baik mobil maupun motor sebagai barang yang harus dipertaruhkan, maka ada baiknya Anda mulai mengajukan asuransi ke pihak terdekat. Asuransi ini mungkin tidak akan nampak berguna saat itu juga, namun jika sewaktu-waktu dibutuhkan, tinggal digunakan kan? Tidak perlu repot mengurus karena kita sudah memiliki asuransi atas nama pribadi.

Baca Juga  Kepoin Yuk Daftar Asuransi Mobil Terbaik, Yuk!

Selain itu, jika suatu saat hal yang kita tidak inginkan terjadi, maka dengan asuransi yang sudah dimiliki, kita dapat mengadukan ke pihak asuransi. Terkait dengan Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil, ada beberapa syarat yang musti dipenuhi untuk itu, yakni tidak terlepas dari adanya foto asli kendaraan yang akan diasuransikan. Kemudian juga menggunakan kartu tanda penduduk atau KTP dan SIM, serta STNK. Keempat syarat tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mengajukan asuransi ke salah satu pihak penyedia. Sebagaimana yang kita tahu bersama bahwa setidaknya ada dua jenis asuransi kendaraan. Dari maisng-masing jenis yang ada terdapat kelemahan dan kelebihan.

Misalkan saja Anda ingin mengajukan asuransi berjenis TLO. Sebelumnya Anda harus paham terlebih dahulu soal apa itu TLO dan bagaimana cara kerjanya jika suatu saat Anda benar-benar membutuhkannya. Ternyata cara kerja Total Lost Only ini berlaku hanya jika Anda mengalami kehilangan secara total. Dalam artian, jika Anda mengalami kecelakaan, maka minimal kerusakan mobil yang Anda alami adalah 75% baru uang asuransi dapat Anda klaim. Apabila Anda kecolongan mobil ataua motor, maka bentuk kehilangan yang terjadi adalah kehilangan total, sehingga sudah tidak bisa digunakan lagi. Adapun keunggulan dari jenis asuransi ini adalah untuk pembayaran premi dapat lebih rendah alias lebih sedikit biayanya.

Lain halnya dengan All Risk yang jika diterjemahkan berarti semua resiko yang artinya mempunyai  banyak Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil. Asuransi model ini merupakan sebentuk asuransi untuk segala jenis kerusahakan dan kehilangan. Jadi misalkan Anda kecelakaan mobil tunggal dan menabrak tiang listrik seperti yang dialami oleh Setya Novanto kala itu, kemudian Anda mengeluhkan cideranya mobil Anda yang sedikit peyok di sisi kanan atau kiri. Nah, contoh yang demikian ini sudah bisa masuk dalam kategori jenis asuransi yang kedua. all risk sebagaimana namanya, berlaku untuk segala jenis kerusakan baik yang sifatnya ringan, sedang, maupun rusak berat. Salah satu kelebihan dari All Risk ini adalah asuransi akan dapat membayar klaim untuk semua jenis kehilangan maupun kerusakan, tidak harus sampai 75% seperti TLO.  Namun karena demikian, untuk biaya premi, tentunya all risk menjadi lebih tinggi atau lebih mahal.

Baca Juga  Unsur - Unsur Yang Terdapat Di Dalam Asuransi Mobil

Jika dibandingkan, beberapa sumber menyatakan bahwa all risk lebih diminati terutama oleh para pekerja yang selalu lalu lalang di wilayah yang padat. Mengingat ternyata frekuensi penggunaan mobil sangat memengaruhi jenis asuransi yang akan Anda ambil, maka segala jenis perbandingan harus mulai dilakukan jika ingin mengajukan asuransi. Tentunya baik TLO maupun all risk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal bagaimana Anda memilih yang sesuai dengan kekerapan Anda menggunakan alat trasnportasi. Kemudian juga yang tidak boleh dilupakan adalah tujuan asuransi hanya sebagai langkah preventif bukan menghilangkan resiko.  Jadi Anda harus tetap fokus saat berkendara.

Demikian artikel kali ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil yang seharusnya kalian tahu, karena pada zaman sekarang keselamatan lebih berharga dibandingkan uang.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan