Asuransi Mobil

Ini Dia Syarat Pengajuan Asuransi Mobil Kesayangan Pribadi

401Views

Syarat Pengajuan Asuransi Mobil – Kecelakaan adalah hal yang ada di luar kemampuan manusia untuk menolaknya.  Kecelakaan tidak dapat dihindari oleh seorangpun, baik pengendara sepeda motor ataupun pengendara mobil, bahkan pejalan kaki sekalipun. Nasib memang tidak ada yang bisa memprediksinya. Setiap hari kita selalu mendengar kasus kecelakaan terjadi, tidak hanya di kota-kota besar, akan tetapi di berbagai tempat, baik sepi maupun ramai. Jika kecelakaan sudah terjadi, maka biaya yang dikeluarkan juga tidak bisa dikatakan sedikit. Apalagi jika kecelakaan tersebut menimpa Anda yang berkendara menggunakan mobil. Selain biaya untuk berobat, Anda juga harus mengeluarkan dana tambahan untuk ongkos pengerjaan reparasi mobil Anda. Sebenarnya hal tersebut dapat ditutup atau disiasati jika saja Anda mendaftarkan diri di agen asuransi. Hal ini berguna agar biaya yang akan dikeluarkan tidak membengkak terlalu banyak.

Syarat Pengajuan Asuransi Mobil

Syarat pengajuan asuransi mobil
syarat asuransi mobil

Artikel Lainnya

Sebenarnya ada dua jenis asuransi untuk mobil, yakni all risk dan TLO. Dua asuransi ini memiliki titik pembeda dalam hal perlindungan yang didapatkan. Jika saja menggunakan asuransi tipe all risk maka Anda akan mendapatkan pelayanan ekstra. Sementara ketika mengajukan asurasi bertipe TLO, maka harus sabar menunggu, misalkan saja sampai mobil Anda dicuri atau rusak berat, maka Anda akan bisa mendapatkan kompensasi. Akan tetapi jika Anda membeli asuransi tipe TLO dan mobil Anda hanya mengalami gores atau penyok, maka Anda tidak akan mendapatkan kompensasi sama sekali untuk itu. Biasanya pihak asuransi, akan memberikan  sebuah rekomendasi terkait pengambilan asuransi bertipe All Risk. Adapun premi yang disediakan untuk asuransi mobil bekas biasanya akan jauh lebih tinggi ketimbang asuransi untuk mobil baru. Premi sendiri merupakan ongkos berupa uang yang diberikan sebagai bentuk kewajiban dari tertanggung atau pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor, atas kesediaan mengikut sertakan diri dalam asuransi. Adapun yang menjadi syarat umum pengajuan asuransi mobil adalah:

  • 17 tahun ke atas
Baca Juga  Tips Yang Tepat Untuk Memilih Asuransi Mobil Kesayangan

Kenapa harus di atas 17 tahun? Tentunya hal ini berkaitan dengan status remaja yang berusia 17 tahun masih digolongkan anak di bawah umur, makanya belum bisa mendaftarkan diri karena masih di bawah perlindungan orang tua dan komisi perlindungan anak. Selain itu, di usia-usia ini jarang sekali anak sudah mendapatkan kartu tanda penduduk dan belum memiliki surat izin mengemudi. Hal lain adalah anak di usia ini belum dianggap mumpuni dalam mengendarai mobil sendirian. Pikirannya masih labil alias belum bisa dikatakan stabil secara emosional. Sehingga akan sangat berbahaya memberikan kepercayaan kepada anak di usia ini untuk membawa atau menjadi driver mobil tunggal.

  • Memiliki SIM dan STNK

Hal yang wajib disediakan oleh pengendara baik mobil atau juga motor untuk syarat pengajuan asuransi mobil adalah surat izin mengemudi dan STNK, sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut bukan hasil curian, akan tetapi milik pribadi, dan lain sebagainya. Dengan menunjukkan surat izin mengemudi, telah membuktikan bahwa Anda adalah pengendara yang sudah profesional, setidaknya begitu menurut para pemangku kebijakan. Selain dipersiapkan, jangan lupa juga untuk mengkopinya, untuk berjaga-jaga apabila pihak asuransi menginginkan Anda untuk menggandakan identias diri tersebut.

  • Fotokopi KTP

Selain menggandakan SIM dan STNK, hal yang penting lain adalah Kartu Tanda Penduduk. Biasanya pihak asuransi meminta kopian dari KTP untuk dijadikan arsip pendaftar. Jadi akan lebih mudah untuk mengurus pengajuan, jika pihak asuransi memiliki arsip data diri Anda.

  • Foto Kendaraan Anda

Di sini, Anda tidak boleh membohongi pihak asuransi dengan menggunakan motor milik orang lain. Bengingat banyak sedikitnya premi yang bakal didapat sangat bergantung pada 3 faktor, yakni jenis kendaraan yang dimiliki, jenis jaminan yang diajukan (All Risk  atau TLO), dan terkait dengan harga kendaraan ada saat membeli. Biasanya apabila harga mobil yang dibeli semakin tinggi akan berpengaruh besar pada tinggi rendahnya premi. Jadi semakin mahal mobil, preminya juga semakin tinggi. Namun hal tersebut bukan merupakan hal yang bisa dikhawatirkan. Kenapa? Karena premi asuransi untuk mobil maupun juga motor hanya dibayarkan satu kali dalam rentang waktu satu tahun. Jadi Anda tetap bisa bernafas panjang.

Baca Juga  Cara Memilih Asuransi Mobil dan Keuntungan Yang Di Dapat

Gimana sob? mudah bukan syarat pengajuan asuransi mobil yang harus dipenuhi? saya rasa syarat diatas gampang untuk disiapkan dan dilengkapi agar mobil kesayangan sobat selalu terlindungi.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan