tips

Cara Merawat Cat Mobil Bekas Dengan Mudah

1.6KViews
cara merawat cat mobil – Assalamualaikum sobat, pada kesempatan ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara merawat mobil agar warna dan kualitas cat selalu optimal dan memberikan kesan mewah pada mobil. Kendaraan yang mulus dan berkilau pasti akan menambah kebanggaan terhadap pemiliknya dan akan mempertahankan nilai jual kembali pada mobil tersebut. Cat pada body kendaraan memang rentan sekali terkena oksidasi dan goresan yang disebabkan oleh faktor lingkungan, Proses pencucian pun kadang akan membuat mobil kita penuh dengan swirlymark atau goresan halus seperti jaring laba-laba yang ada di lapisan luar (clear coat) mobil kita. Sebelum kita memasuki point tentang tips merawat cat mobil biar kinclong ada baiknya sobat mengetahui dahulu apa saja yang bisa membuat cat  kusam dan tergores.
cara merawat cat mobil
waxing mobil
Yang menyebabkan lapisan cat kusam biasanya dipengaruhi oleh faktor kebiasaan pengemudi tersebut, paparan sinar matahari terus menerus dalam jangka panjang akan membuat lapisan terluar pada mobil kita kusam dan terlihat dof, tentu ini akan mengurangi kilau dari cat tersebut.
Air hujan pun bisa merusak mobil kita apabila kita kurang memberi perhatian lebih pada mobil tersebut. Seperti yang kita tahu air hujan bersifat asam hal ini juga akan membuat warna cat kita menjadi kusam dan tidak berkilau, ditambah lagi waterspot atau jamur yang tumbuh di atas cat mobil kita apabila kita tidak membilas mobil setelah hujan-hujanan. Waterspot sendiri adalah bintik-bintik atau bekas air hujan yang menempel pada bagian body  yang mengering dan tentunya susah untuk dibersihkan.

Selanjutnya yang dapat menyebabkan mobil kita tergores atau swirlmark adalah proses pencucian  yang salah, terutama jika kita sering membasuh atau mencuci  di pencucian pinggir jalan yang hanya menggunakan kain lap biasa. Kain lap yang bagus untuk mencuci  biasa disebut dengan washmit yang terbuat dari bahan yang sangat lembut dan dapat menyerap atau mengunci debu-debu halus didalam kain tersebut sehingga tidak menimbulkan goresan-goresan halus pada cat mobil. Proses pencucuian yang benar adalah dengan menggunakan 2 buah bucket atau wadah dan beberapa kain micro fiber, jangan gunakan microfiber atau washmit yang sama untuk membersihkan bagian bawah dan bagian cat mobil, dan jangan lupa untuk menggunakan shampo  berkualitas baik yang mempunyai PH normal yang aman untuk cat dan lapisan wax mobil kita.

Baca Juga  Tips Setting Karburator pada Mobil dengan Benar

Cara Merawat Cat Mobil

Perawatan cat mobil sebenarnya tidak terlalu sulit, namun biasanya orang malas untuk menjaga dan merawat mobil mereka dikarenakan kesibukan dan kerjaan yang membuat tidak ada waktu kosong untuk merawat mobil.
Yang pertama untuk cara merawat cat mobil sobat harus dan wajib dilakukan untuk merawat cat adalah membersihkan seluruh bagian atau mencuci mobil dengan cara yang benar, lalu siapkan beberapa kain micro fiber untuk menghilangkan debu-debu halus pada cat mobil
Selanjutnya sediakan wax yang mempunyai kualitas baik seperti wax dari meguiars, turtle wax dll yang mempunyai daya tahan yang lama, sehingga mobil kita terlindungi. Oleskan wax secara merata dengan menggunakan applikator yang sudah disertakan saat pembelian wax, dan yang perlu diingat adalah lapisan wax tidak boleh tebal karena akan mempersulit kita untuk mebersihkannya.
Setelah seluruh bagian cat mobil di lapisi wax, tunggu lah beberapa saat kurang lebih 10 menit agar wax tersebut meresap dan mengering pada body mobil (lebih lama lebih baik dan akan lebih mudah untuk di buff atau dibersihkan)
Manfaat wax yang didapat adalah perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari dan air hujan, wax yang baik akan menjadikan cat mobil kita licin namun tidak berminyak sehingga air akan jatuh langsung ke bawah biasa disebut dengan water beeding, dan gloss atau kilau yang dihasilkan lebih maksimal.
cara merawat cat mobil selanjutnya adalah dengan melakukan waxing sebulan sekali untuk hasil yang maksimal, dan untuk rawatan harian bisa menggunakan cairan khusus yang disebut dengan detailer spray, penggunaanya cukup mudah dan sangat efektif untuk membersihkan cat dari debu ringan, bekas minyak dan sidik jari sehingga cat mobil lebih bersih dan lebih slick.
Lalu bagaimana jika cat mobil sudah terlanjur rusak parah? sobat bisa intip artikel sebelumnya tentang bagaimana cara memoles mobil yang baik dan benar, sehingga mobil kusam sobat bisa kembali berkilau dan menjadi baru lagi.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan