asuransi mobil
Asuransi Mobil

Cara Memilih Asuransi Mobil dan Keuntungan Yang Di Dapat

847Views

Sebagian masyarakat masih ada yang enggan mengasuransikan mobilnya kepada salah satu perusahaan penyedia layanan asuransi mobil. Alasannya, terbebani dengan sejumlah premi yang harus dibayarkan. Sebenarnya, jumlah tersebut sebanding dengan harga perlindungan yang didapatkan. Tanpa adanya asuransi, tentu masyarakat harus mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan, pengobatan akibat kecelakaan maupun gangguan di jalan dan resiko pencurian.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

keuntungan memiliki asuransi mobil

Layanan asuransi mobil jelas akan memberikan keuntungan yang sangat bermanfaat sebagai perlindungan atas segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, namun harus benar cara memilih asuransi mobil yang terbaik. Keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki polis asuransi mobil diantaranya :
1. Perlindungan dari kerugian finansial
Dengan adanya dana proteksi dari premi yang dibayarkan maka tak perlu lagi memikirkan bagaimana jika terjadi kerusakan akibat benturan maupun tabrakan. Kerugian tersebut dapat digantikan oleh asuransi mobil. Selain itu, beberapa layanan asuransi juga menyediakan pertanggung jawaban pihak ketika jika tabrakan melibatkan pihak ketiga. Tentunya harus menyertakan bukti akurat ketika klaim dilakukan.

2. Perlindungan dari biaya pengobatan
Biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan akan ditanggung asuransi jika Anda tercatat sebagai pemegang polisnya. Klaim bisa dilakukan dengan melampirkan bukti pembayaran pengobatan, pembelian obat di apotek, biaya dokter hingga pemeriksaan terkait yang biayanya cukup tinggi. Dengan adanya perlindungan dari asuransi tentunya akan mengurangi beban kerugian yang harus ditanggung.

Baca Juga  Top 10 Pilihan Asuransi Mobil Terbaik 2018

3. Melindungi dari biaya perbaikan dan reparasi
Cukup dengan melaporkan kejadian ketika terjadi benturan yang mengakibatkan kerusakan dan harus direparasi tentunya akan mempermudah klien asuransi dalam menjaga kendaraan pribadinya agar tetap mendapat perbaikan yang optimal. Beberapa perusahaan jasa asuransi memiliki bengkel rekanan yang siap melayani pelanggan hingga 24 jam, selain bantuan alat berat dan perbaikan langsung jika terjadi kerusakan ringan. Hal-hal seperti ini tentu sangat menguntungkan mengingat biaya perbaikan mobil yang relatif tinggi meskipun berupa perbaikan ringan.

4. Terbebas dari rasa khawatir
Dengan adanya asuransi kendaraan akan membuat pemilik kendaraan lebih nyaman dan terbebas dari rasa khawatir berlebihan ketika terjadi kerusakan di jalan. Tentu hal ini sangat efektif bagi mereka yang sibuk yang membutuhkan perbaikan cepat. Cukup dengan menelepon pihak asuransi terkait maka permasalahan gangguan kerusakan di jalan bisa teratasi dengan baik. Layanan ini menjadikan pemegang polis tak terlalu khawatir jika kendaraannya mengalami kerusakan yang harus mengeluarkan biaya besar. Asuransi akan menutupi kebutuhan itu dengan beragam layanan yang bisa dipilih.

5. Menyimpan uang dengan adanya jaminan perbaikan
Sebenarnya dengan mendaftar sebagai pemegang polis asuransi, Anda melindungi uang Anda sendiri dari pengeluaran besar. Bayangkan saja jika setiap kali terjadi kerusakan, Anda sendiri yang harus menanggungnya. Tentu hal ini bisa dihindari dengan mempercayakan perlindungan mobil kepada pihak asuransi.

6. Melindungi semua anggota keluarga
Perlindungan pihak ketiga dan korban jika terjadi kecelakaan tentunya akan membuat setiap anggota keluarga mendapat kesempatan perlindungan yang sama. Pembayaran premi sudah mencakup biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan yang bersifat personal maupun pihak ketiga.

Dengan mengetahui 6 keuntungan memiliki asuransi mobil yang perlu diketahui tentunya Anda tidak akan ragu untuk mengasuransikan kendaraan sebagai cara proteksi terbaik terhadap kemungkinan terburuk sekalipun. Besaran premi yang dibayarkan adalah harga keamanan yang sebanding dengan proteksi yang didapatkan. Bayangkan saja berapa besar kekhawatiran yang terjadi ketika mobil mengalami kerusakan dibandingkan dengan mengasuransikannya, tentu saja kekhawatiran akan jauh lebih kecil dengan proteksi finansial di awal.

Sebagai pemilik kendaraan yang menginginkan yang terbaik, tentunya menentukan pilihan asuransi sesuai kebutuhan baik berupa jenis asuransi total lost only maupun all risk yang cukup mahal. Idealnya, pilihlah penyedia jasa dengan premi yang terjangkau dan layanan maksimal. Ada banyak produk yang bisa didapatkan dengan berbagai keunggulan. Tentu saja semua itu harus disesuaikan dengan kemampuan Anda membayar preminya. Jangan sampai mengambil produk asuransi dengan premi besar namun mengalami kendala dalam membayarnya, hal ini bisa mengakibatkan polis Anda dihapus dan klaim ditolak pihak asuransi.

Tertarik dengan salah satu produk asuransi bukan berarti harus langsung mendaftarkan diri, teliti terlebih dahulu lalu simaklah pengalaman mereka yang telah menjadi pemegang polisnya. Jika sebuah perusahaan asuransi telah diakui kredibilitas dan kualitas pelayanannya serta kemudahan persyaratan klaim maka rekomendasi orang yang dikenal tentunya bisa dijadikan alasan untuk mendaftarkan kendaraan kepada penyedia layanan asuransi mobil.

Tips Memilih Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

cara memilih asuransi mobil

Setiap tahun jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Setiap keluarga mulai berpikir bahwa kebutuhan akan kendaraan menjadi kebutuhan yang cukup penting. Membeli mobil sudah tak sesulit dahulu, sebab telah tersedia layanan kredit mobil bagi mereka yang ingin membeli dengan cara mengangsur. Tentu kemudahan memiliki mobil ini menjadikan semakin bertumbuh pula perusahaan penyedia layanan asuransi mobil. Tidak semua produk asuransi sesuai untuk sebagian orang, tentunya ini disebabkan kebutuhan tiap individu yang berbeda. Tentu ada cara dan tips memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menentukan dan Memilih Asuransi Mobil Yang Terbaik

Produk asuransi mobil sudah dikenal cukup lama dan memang terbukti menjadi solusi ketika terjadi kecelakaan dan kerusakan. Memilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan adalah pilihan bijak selain mendapatkan uang pertanggungan yang layak juga menjadikan terbebas dari rasa khawatir akan pengeluaran yang besar ketika terjadi kecelakaan.

Baca Juga  Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi Sampai Dana Cair

cara memilih asuransi mobil terbaik
1. Pilih berdasarkan kebutuhan
Taksirlah berapa harga kendaraan yang Anda asuransikan sebelum menentukan produk layanan yang ditawarkan perusahaan asuransi. Ada dua jenis asuransi yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan:
• Asuransi Total Loss Only yaitu asuransi yang hanya mengganti jumlah biaya kehilangan total saja. Biaya premi yang relatif murah menjadi keunggulan jenis ini.
• Asuransi All Risk/Comprehensive yaitu asuransi yang akan mengganti segala biaya dengan berbagai sebab kerusakan mulai dari benturan hingga perbaikan di bengkel rekanan.

2. Mintalah rekomendasi dari dealer
Ketika Anda membeli kendaraan, Anda pun bisa langsung menanyakan kepada dealer tentang asuransi yang paling direkomendasikan bagi mobil Anda. Tentunya pihak dealer lebih paham menentukan jenis maupun asuransi dari perusahaan mana yang cocok untuk Anda. Selain itu bandingkan pula dengan rekomendasi dari kenalan atau kerabat yang sudah berpengalaman dengan urusan klaim asuransi agar Anda tak salah pilih.

3. Bandingkan beragam produk dan layanan yang diberikan
Setiap penyedia jasa layanan asuransi mobil tentunya memiliki produk unggulan guna menarik minat calon [emegang polis. Dengan membandingkan beberapa produk dan mempelajari kelebihan maupun kekurangannya tentunya akan menjadikan Anda lebih mudah dalam menentukan jasa asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.

4. Jangan melebihi dari kemampuan membayar
Pilihlah produk asuransi dengan premi sesuai kemampuan membayar Anda. Hal ini akan membuat Anda tak terbebani dengan besaran premi yang dibayarkan setiap bulannya. Tentunya Anda sendiri yang akan kesulitan jika mengambil jasa layanan asuransi premi tinggi namun tak mampu membayarnya. Alih-alih mendapatkan klaim besar, bisa saja keanggotaan Anda terputus akibat terlalu banyak menunggak pembayaran.

5. Cermati perjanjian polis sebelum menandatanganinya
Baca dan pelajari dengan teliti setiap point perjanjian yang tertera dalam polis. Pastikan bahwa Anda memang menyetujui semua kesepakatan. Jika ada yang berlawanan dengan kehendak pribadi Anda, tentunya Anda bisa mengajukan persyaratan tambahan maupun menambahkan point kesepakatan baru. Dengan menandatangani perjanjian polis berarti Anda setuju dengan segala aturan dan kesepakatan yang telah dijelaskan pihak asuransi.

6. Tanyakan prosedur klaim secara terperinci dan akurat
Ini penting sekali sebelum Anda memutuskan menjadi nasabah sebuah asuransi mobil. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kesulitan di kemudian hari hanya karena Anda tidak mengetahui cara dan prosedur klaim ketika terjadi kerusakan akibat kecelakaan. Misalnya ketika di polis dituliskan bahwa maksimal waktu pelaporan adalah 3 x 24 jam, tentunya bagi Anda yang tidak mengetahui hal tersebut secara terperinci bisa saja datang melaporkannya setelah waktu klaim berakhir sehingga secara otomatis pertanggungan tidak bisa dibayarkan dikarenakan pengajuan klaim Anda mengalami penolakan.

7. Kenali jaringan kerja asuransi
Tidak ada salahnya melakukan sedikit riset untuk mendapatkan informasi yang memadai mengenai penyedia asuransi mana yang memiliki banyak sekali nasabah dan mana yang seringkali merugikan nasabah dengan rumitnya prosedur klaim. Tentunya Anda akan mempercayakan asuransi mobil pada perusahaan yang telah diakui kualitasnya oleh sebagian besar kalangan masyarakat daripada kepada perusahaan baru yang hanya memiliki sedikit nasabah.

Demikian beberapa tips yang bisa menjadi acuan ketika Anda bermaksud menjadi nasabah di sebuah perusahaan asuransi mobil. Dengan beberapa petunjuk di atas tentunya akan mempermudah dalam menemukan jenis layanan sesuai kebutuhan.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan