tips

Begini caranya! Trik Sederhana Merakit Kapasitor Audio Mobil dengan Aman

125Views

System audio saat ini telah menjadi sebuah perangkat penting yang wajib ada didalam mobil kesayangan. Kenapa demikian? Banyak alasan audio sebagai perangkat yang menghibur pengendara, selain itu juga dapat membuat rilex si pengendara. Nah, kita pelajari lebih lanjut mengenai audio mobil. Di dalam sistem audio mobil, terdapat suatu rangkaian perangkat yang disebut kapasitor bank. Bentuk dari komponen ini banyak sekali seperti silinder dan sering didapati pada bagian lampu yang dijadikan sebagai indikatornya. Namun, tidak jarang juga dipasang hanya sebagai penghias saja. Kebanyakan orang lebih memilih memasang kapasitor bank ini sebagai tampilan, sebenarnya ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dari pemasangan kapasitor bank.

Trik Sederhana Merakit Kapasitor Audio Mobil

Cara merakit Kapasitor audio Mobil

Kapasitor ini memiliki fungsi sangat signifikan dalam menjaga supaya hasil suara serta listrik pada mobil lebih berkualitas. Kualitas ini harus dipertahankan, dikarenakan terkadang kabel bisa saja telat dalam mengalirkan daya yang berasal dari aki. Hal ini dapat terlihat dari lampu mobil yang meredup ketika audio mobil diaktifkan. Disinilah peran dari kapasitor, komponen ini nantinya menampung daya yang tersalurkan jika daya tersebut sedang tidak digunakan. Jika pasokan daya berlebihan, maka daya nantinya akan dilepas. Bagi pemasangan kapasitor sendiri dapat dilakukan di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel. Nah berikut ini ada beberapa trik merakit kapasitor audio mobil yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Cara Merakit Kapasitor audio Mobil Dengan Aman

merakit kapasitor

• Sebelum melakukan trik merakit kapasitor audio mobil, terlebih dahulu isi daya audio kapasitor untuk mencegah sekring meledak. Cara modifikasi audio mobil ini dapat menggunakan voltmeter dan resistor secara bersamaan guna pengisian audio kapasitor. Setelah skala voltmeter mengindikasikan pada angka 12 volt, maka kapasitor sudah terisi. Lanjutkan dengan memasang kapasitor audio mobil Anda secara paralel dengan amplifier.
• Mengenai ukuran kapasitor mobil ada sekian banyak ukuran yang wajib Anda kenali, mulai dari 1, 1,5, 2, 3-4, 9, 5, 6, 8, 10, 20, 30 dan lainnya. Setidaknya pakailah ukuran 4-8 dengan teknik menyambung kabel audio mobil yang dipakai sesuai dengan ukuran kapasitor yang akan digunakan.
• Kapasitor audi mobil mempunyai 2 terminal, yakni negatif dan positif. Hubungkan terminal positif dengan terminal positif pada aki mobil, serta pada amplifier. Sedangkan untuk terminal negatif dihubungkan ke tanah. Pastikan bila Anda mengamankan kabel tersebut ke tanah.
• Lalu dimanakah tempat yang tepat untuk pemasangan kapasitor? Mengnai hal ini Anda bisa menyesuaikannya dengan mobil Anda. Kapasitor audio mobil harus ditempatkan pada bagian yang aman serta jauh dari penumpang. Ada yang berasumsi jika kapasitor mobil ditempatkan dekat dengan amplifier supaya mengurangi panjangnya kabel yang digunakan. Teori ini memang benar dan bisa mengomptimalkan kerja kapasitor sebab pengurangan jarak yang diperlukan saat listrik mengalir. Hal ini juga berfungsi untuk mengomptimalkan kerugian yang sia-sia.
• Namun ada juga yang berpendapat lainnya, menyarankan jika pemasangan kapasitor saat dibutuhkan saja oleh komponen yang menampilkan tegangan lemahan, contohnya saja seperti, lampu mobil. Saat lampu depan mobil mati atau redup, maka Anda bisa memasang kapsitor tersebut untuk memperbaikinya. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan menghubungkan antara kapasitor dan aki, terminal amplifier, maupun blok distribusi.
• Seperti yang diterangkan sebelumnya, Anda dapat memakai 2 kabel groun secara bersamaan beserta menjalankan 1 kabel tanah pada setiap terminal negatif maupun terpisah. Jalankan kabel listrik dengan melewati terminal positif aki dan amplifier. Ingatlah untuk menggunakan kapasitor dalam jumlah yang dibutuhkan saja. Tidak butuh untuk memakai kapasitor paling besar untuk mobil Anda.
• Untuk menentukan jumlah maupun ukuran yang dibutuhkan pada audio mobil Anda, bisa dihitung dengan menggunakan watt amplifier dan mengubahnya ke dalam format farads. Jangan sampai salah dalam pemasangannya, dikarenakan dapat memicu permasalahan baru, contohnya menjadi penyebab power audio mobil cepat panas.

Baca Juga  Ada Noda Serangga di Bodi Mobil? Bersihkan dengan Cara Ini

Nah, demikian tadi ulasan lengkap mengenai trik merakit kapasitor audio mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel audio. Selamat mencoba triknya dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin merakit kapasitor audio mobil.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan