Asuransi Mobil

Apa Itu Asuransi Mobil / Kendaraan

778Views

Asuransi Mobil Terbaik – Kecelakaan adalah faktor utama yang paling di takutkan dalam memiliki kendaraan maupun dalam mengendarai kendaraan, untuk itu memiliki sebuah Asuransi kendaraan khususnya kendaraan mobil sangatlah hal yang logis bagi kita pengguna ataupun pemilik mobil. Jika tidak memiliki asuransi mobil maka bila terjadi sesuatu seperti hal nya factor utama yaitu kecelakaan maka tidak ada bengkel yang akan memfasilitasi sparepart dari mobil tersebut yang berarti semua perbaikan akan di keluarkan dari uang pribadi, dan juga jika sampai mobil tidak layak d perbaiki dalam artian harus di ganti maka dengan asuransi bisa di ganti kembali dengan yang baru ke perusahaan tersebut.

Asuransi Mobil atau Kendaraan

apa itu asuransi mobil

Asuransi atau pertanggungan itu merupakan suatu perjanjian maka di dalamnya paling sedikit tersangkut dua pihak, Pihak yang satu adalah pihak yang seharusnya menanggung resikonya sendiri tetapi kemudian mengalihkannya kepada pihak lain pihak pertama ini disebut sebagai tertanggung atau dengan kata lain ialah pihak yang potensial mempunyai resiko, Sedangkan pihak yang lain ialah pihak yang bersedia menerima resiko dari pihak pertama dengan menerima suatu pembayaran yang disebut premi. Pihak yang menerima resiko pihak yang satu tersebut disebut sebagai penanggung (biasanya perusahaan pertanggungan/asuransi.

Resiko yang tidak bisa di tanggung oleh asuransi seperti kerusakan atau kehilangan peralatan/sparepart non standar yang di sebutkan di dalam polis, kerusakan atau kehilangan motor akibat penggelapan, keruksakan dalam menarik sparepart lain atau motor di racing kan, kelebihan muatan secara paksa, dijalankan dalam keadaan ruksak, pengemudi tidak memiliki sim, serta memasuki jalan yang dilarang.

Baca Juga  Kepoin Yuk Daftar Asuransi Mobil Terbaik, Yuk!

Informasi pertama yang harus Anda ketahui seputar asuransi mobil yaitu mengenai jaminan perluasan. Dengan Anda memperluas jaminan untuk mobil, maka mobil akan banyak mendapatkan perlindungan. Semakin banyak perlindungan, semakin kecil kerugian finansial Anda untuk memperbaiki mobil. Adapun jaminan perluasan untuk mobil yang harus Anda ketahui dan bisa dipilih saat ingin membeli asuransi mobil yaitu Kebanjiran, Gempa bumi dan kejadian alam lainnya, Tanggung Jawab Hukum (TJH) kepada pihak ketiga Kerusakan, huru-hara, sabotase, dan terorismeKecelakaan pribadi.

Asuransi Mobil All risk dan TLO

Sebelum memilih asuransi mobil, sudah pasti Anda wajib mengetahui apa saja sebenarnya yang jenis perlindungan dari asuransi itu sendiri perlindungan dan perluasan jaminan tersebut dalam semua unsur di bagi menjadi 2 bagian. dua Hal ini akan membantu Anda untuk bisa memahami dan mendapatkan manfaat maksimal yang sesuai dengan harapan dan keinginan Anda terhadap perlindungan asuransi itu sendiri , dua jenis pertanggungan yang diberikan oleh asuransi mobil yaitu All Risk dan TLO (total loss only). All risk adalah proteksi yang diberikan nasabah untuk segala jenis kerugian yang dialaminya, mulai dari kejadian terkecil hingga terbesar. Contohya seperti lecet penyok penyok di body atau kecelakaan pribadi, kebakaran, atau kebanjiran yang dapat menyebabkan mobil tidak bisa di kendarai tetap bisa di perbaiki, silahkan lihat daftar asuransi mobil terbaik.

Jaminan tambahan

Yang dimaksudkan dengan Jaminan tambahan atau jaminan perluasan resiko adalah resiko-resiko/bahaya yang dikecualikan dalam PSKBI, akan tetapi resiko-resiko tersebut bisa dijamin apabila dinyatakan secara tegas di dalam polis. Akan tetapi tidak semua resiko yang dikecualikan tersebut dapat dijamin dengan penegasan dalam polis tersebut.

Berikut ini adalah Resiko yang dikecualikan (tidak otomatis dicover/dijamin) di dalam penutupan standard, tetapi bisa dijamin dengan penegasan khusus berupa endorsemen atau klausul tambahan. Misalnya:
1) Kerusuhan dan Huru-Hara
2) Bencana alam seperti gempa bumi, banjir

Baca Juga  Inilah Tips Memilih Asuransi Mobil Buat Anda

Cedera badan/kematian terhadap penumpang

Semua resiko tersebut di atas dikecualikan dari Jaminan Polis Standard Kendaraan Bermotor Indonesia. Dikecualikan berarti bahwa semua kerugian/kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh bahaya-bahaya tersebut tidak bisa diganti oleh asuransi. Contoh Jaminan tambahan/perluasan adalah sebagai berikut:

TJH terhadap Pihak Ketiga (Third Party Liability). Polis tidak secara otomatis menjamin resiko ini, kecuali dinyatakan secara tegas di dalam polis. Jaminan yang diberikan oleh perluasan ini adalah Tanggung gugat/jawab Tertanggung terhadap suatu kerugian yang diderita oleh pihak ke-tiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan, setinggi-tingginya sesuai dengan jumlah/limit.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan