Asuransi Mobil

12 Istilah Dalam Asuransi Mobil yang Harus Dipahami

670Views

Istilah dalam asuransi mobil  – Memiliki mobil pribadi bukan hanya mempermudah berbagai keperluan seperti berangkat ke kantor, mengantar anak ke sekolah maupun bepergian ke luar kota dengan lebih nyaman. Dengan adanya mobil pribadi tentu akan meningkatkan nilai prestise kehidupan seseorang. Terlebih ketika mobil menjadi penambah penampilan agar lebih terkesan berkelas dan elegan, tentu memilikinya akan menambah rasa percaya diri pemiliknya.

Beragam cara dilakukan agar mobil tetap mulus dan terawat. Aman dari kejahatan seperti perampokan dan jauh dari area padat yang kerap menimbulkan kecelakaan. Namun terkadang suatu kejadian datang tidak terduga, apa jadinya jika mobil kesayangan ringsek karena tabrakan. Tentu pemilik mobil harus menanggung biaya yang tak sedikit untuk perbaikannya.

Istilah Dalam Asuransi Mobil

asuransi mobil

Sebagai langkah perlindungan dan pencegahan kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan maupun akibat kejahatan, maka mengasuransikan mobil akan sangat bermanfaat. Demi mengurangi resiko pengeluaran besar akibat kecelakaan mobil, sebagian besar masyarakat mengasuransikan mobilnya ke perusahaan penyedia layanan asuransi all risk kendaraan.

Namun sebelum Anda menemui customer service perusahaan asuransi terbaik untuk mengajukan asuransi, ada baiknya mengetahui 12 istilah dalam asuransi mobil yang harus dipahami agar anda lebih gampang menanyakan hal-hal terkait asuransi mobil.

  1. Polis merupakan dokumen berisi kesepakatan berupa point-point yang disetujui pihak tertanggung dan pihak penanggung berkenaan dengan kendaraan yang diasuransikan.
  2. Adjustable premium merupakan hak perusahaan asuransi untuk mengubah tarif premi disebabkan adanya perbaruan perjanjian kontrak yang ditandatangani nasabah bersangkutan.
  3. Depresi adalah Berkurangnya nilai barang yang diasuransikan akibat pemakain maupun penggunaan terus menerus. Tentu saja ketika mobil dipakai dalam waktu bertahun-tahun akan mengalami depresiasi nilai.
  4. Annuitant merupakan sebutan bagi pemegang polis yang berhak menerima tunjangan dari perusahaan asuransi dengan jangka waktu tertentu.
  5. Klaim merupakan permintaan formal kepada perusahaan asuransi atas penggantian kerugian akibat kecelakaan berdasarkan ketentuan yang tertera dalam polis. Pemegang polis wajib memenuhi syarat-syarat ketika klaim dilakukan.
  6. Knock of knock agreement merupakan perjanjian tertulis yang menyatakan bahwa pihak pemberi asuransi akan menanggung biaya asuransi bila terjadi kecelakaan antara dua kendaraan dengan perusahaan asuransi berbeda.
  7. Over insured merupakan penggantian klaim total lost secara penuh sesuai harga pasar kendaraan dimana ketika terjadi kecelakaan, biaya pertanggungan lebih tinggi dari harga pasaran sehingga yang dibayarkan adalah sesuai dengan harga pasaran.
  8. Personal accident merupakan bagian perlindungan asuransi mobil yang menjamin penggantian akibat kerugian fisik yang terjadi akibat kecelakaan personal seperti pertanggungan biaya cacat tubuh dan kematian.
  9. Premi adalah jumlah uang yang dibayarkan nasabah perbulannya sebagai perlindungan atas kendaraan yang diasuransikan pada perusahaan penyedia layanan asuransi kendaraan.
  10. Under insured yaitu keadaan dimana saat terjadi kerugian, harga pertanggungan lebih rendah daripada harga pasaran kendaraan. Sehingga jumlah pertanggungan klaim dibayarkan rata-rata harga pasar dan pertanggungan.
  11. Harga pertanggungan merupakan nilai beli kendaraan bermotor saat diajukannya polis asuransi. Harga ini akan menjadi acuan batas maksimum penentuan kisaran biaya pertanggungan yang akan dibayarkan ketika terjadi kecelakaan dan pengajuan klaim.
  12. Harga pasar merupakan nilai jual kendaraan bermotor dipasaran yang akan diperoleh tertanggung ketika terjadi klaim.
Baca Juga  Syarat dan Tahapan Klaim Asuransi Sampai Dana Cair

Dengan mengetahui 12 istilah asuransi mobil yang harus dipahami diatas tentunya akan membantu anda yang bermaksud mengasuransikan mobil sebagai langkah pencegahan akibat kerugian yang harus ditanggung. Dengan mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi, maka ketika terjadi kecelakaan bisa dilakukan klaim. Dengan mengasuransikan mobil tentu akan membuat Anda merasa lebih nyaman dalam berkendara.
Namun sebelum mengajukan pembukaan polis asuransi, tentu berkonsultasi demi menentukan jenis asuransi yang diambil tentu akan lebih baik.

cara memilih asuransi mobil

Memilih perusahaan asuransi yang tepat juga sangat dianjurkan, carilah perusahaan yang memang sudah terbukti mengganti biaya pertanggungan sesuai kesepakatan dan hindari perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas rendah. Beragam layanan asuransi bisa dipilih sesuai dengan kemampuan Anda membayar preminya. Proteksi kendaraan tentu selain mengganti biaya perbaikan yang tertera di polis perjanjian, tentu saja jika hal-hal terkait kecelakaan berat seperti cacat dan kematian juga akan mendapat biaya pertanggungan asuransi.

memilih asuransi mobil terbaik

Itulah informasi terkini tentang istilah dalam asuransi mobil yang mungkin sangat perlu sobat ketahui sebelum membeli mobil baru atau bekas, dengan cara kredit ataupun secara tunai.  Dengan perencanaan yang tepat dan matang sudah pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya nanti.

Arief
the authorArief

Tinggalkan Balasan